Tinggi Kalori, Segini Anjuran Porsi Hidangan French Fries

M. Reza Sulaiman
Tinggi Kalori, Segini Anjuran Porsi Hidangan French Fries
Ilustrasi french fries. (Shutterstock)

Ingin makan french fries namun kalori terjaga, pakar anjurkan untuk kurangi porsinya.

Suara.com - French fries merupakan hidangan yang enak, meski mengandung kalori dan kolestrol tinggi. Ingin makan french fries namun tetap sehat, pakar anjurkan untuk kurangi porsinya.

Profesor Eric Rimm, pakar gizi dan nutrisi dari Harvard University, mengatakan karena kalori dan kolestrol yang tinggi, satu porsi french fries sebaiknya hanya berisi 6 buah kentang goreng panjang.

"Kandungan nilai gizi french fries tidak setara dengan kentang utuh, di mana gizi dan nutrisi banyak ada di kulitnya. Menurut saya, konsumsi 6 buah french fries sudah cukup banyak untuk satu hari," tutur Rimm, dikutip dari NY Post.

Hal senada juga dikatakan oleh Lindsay Moyer, pakar nutrisi senior dari Center for Science in the Public Interest. Seporsi french fries yang dijual di gerai fast food bisa mengandung hingga 510 kalori.

Jika dibandingkan dengan menu burger Big Mac di McDonald's yang memiliki 540 kalori, maka jumlah asupan kalorinya tidak jauh berbeda.

Karena itu, ia menyarankan agar ada pembatasan porsi penyajian french fries. Anjuran yang sehat adalah 140 kalori, atau kira-kira 12-15 batang kentang goreng.

"Karena saat Anda makan french fries, Anda juga akan minum soda dan makan ayam atau burger yang kalorinya sudah sangat besar," tuturnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS