Lansia Ikut Paduan Suara, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Lansia Ikut Paduan Suara, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan
Ikut paduan suara bermanfaat bagi lansia. (Shutterstock)

Ikut serta dalam komunitas paduan suara dapat memberikan manfaat psikologis bagi para lansia lho.

Suara.com - Ikut serta dalam komunitas paduan suara dapat memberikan manfaat psikologis bagi para lansia. Hal ini diungkapkan sebuah penelitian yang dilakukan di San Francisco terhadap 12 komunitas paduan suara khusus lansia.

Sekitar 208 lansia yang berpartisipasi dalam paduan suara dianalisis bersama 182 kelompok kontrol. Usia rata-rata responden adalah 71, dengan 75 persen diantaranya adalah perempuan. Dari segi kesehatan, 60 persen lansia yang diteliti setidaknya memiliki dua kondisi medis kronis.

Hasil pemeriksaan kesehatan awal melaporkan bahwa satu dari empat responden mengalami depresi. Meski demikian tidak ada responden yang memiliki gangguan kognitif.

Setelah menjalani serangkaian penelitian, tim ilmuwan menemukan bahwa ada perbaikan signifikan terkait kondisi psikososial di antara lansia yang aktif dalam komunitas paduan suara.

Para lansia yang rajin mengikuti paduan suara lebih terhindar dari rasa kesepian, dan mereka lebih termotivasi melanjutkan hidupnya.

Sementara itu para lansia dalam kelompok kontrol tidak mengalami perubahan apapun dalam hal kesepian selama enam bulan penelitian. Tak hanya itu minat mereka untuk melanjutkan hidup juga cenderung lebih rendah.

Peneliti utama Johnson mengatakan menghindarkan lansia dari perasaan kesepian bisa mencegah mereka mengalami berbagai penyakit kronis seperti diabetes, jantung, hingga alzheimer.

"Sangat menggembirakan bahwa intervensi berbasis aktivitas di usia senja dapat meningkatkan kesehatan mental dan membantu mereka mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik selama bertahun-tahun," ujar Johnson, dikutip dari India Times.

Johnson mengatakan bahwa perasaan kesepian yang dialami lansia bisa memicu gangguan kesehatan kronis. Hal ini turut memengaruhi biaya perawatan kesehatan yang harus dikeluarkan oleh keluarga lansia.

Dengan hasil temuan ini, Johnson berharap bisa membantu mengurangi beban biaya perawatan kesehatan para lansia.

"Sangat mungkin bahwa mengurangi perasaan kesepian dan meningkatnya motivasi hidup pada akhirnya dapat menghemat biaya perawatan kesehatan dalam jangka panjang bagi para lansia," kata Johnson tentang manfaat lansia ikut paduan suara bagi kesehatan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS