Hari Ginjal Sedunia, Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Minum Air Ya!

M. Reza Sulaiman
Hari Ginjal Sedunia, Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Minum Air Ya!
Hari Ginjal Sedunia, cukupi kebutuhan minum air. [shutterstock]

Jaga kesehatan ginjal dengan tidak lupa minum air.

Suara.com - Hari Ginjal Sedunia, Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Minum Air Ya!

Menjaga kesehatan tubuh tak bisa dilakukan jika ada organ tubuh yang rusak. Nah, di momen Hari Ginjal Sedunia, kampanye soal pemenuhan kebutuhan minum air jadi pembahasan utama.

Kerja sama gerakan Ayo Minum Air (AMIR) multi-pihak antara Indonesian Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone AQUA, yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali dihadirkan dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh di tanggal 14 Maret 2019.

Peringatan Hari Ginjal Sedunia yang dihadiri oleh 1.000 siswa sekolah dasar di Jakarta dan 500 ibu PKK ini dilaksanakan untuk merayakan keberhasilan edukasi hidrasi yang dilakukan di 10 provinsi di tahun 2018. Pada tahun ini, edukasi AMIR akan diperluas di lima provinsi di Indonesia, DKI Jakarta, Bali, DI Yogyakarta, Lampung, dan Sulawesi Selatan, agar kebiasaan minum air sejak dini dapat diadopsi di seluruh Indonesia.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M mengatakan edukasi seputar minum air di Hari Ginjal Sedunia sangat dibutuhkan. Menurutnya, hal-hal yang mudah dilakukan seperti minum air yang cukup dan melakukan aktivitas fisik bisa memberikan dampak besar untuk kesehatan.

"Acara Hari Ginjal Sedunia hari ini adalah lanjutan dari kegiatan pendidikan dan pelatihan cara hidup sehat yang telah diikuti oleh 202 Sekolah Dasar Negeri pada bulan Desember 2018 di Jakarta. Seluruh rangkaian kegiatan dibuat untuk turut serta mendukung inisiatif Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia guna memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat seperti gizi seimbang, hidrasi sehat, dan berolah raga secara teratur supaya bisa terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal," ujar Prof Nila, dalam siaran pers yang diterima Suara.com.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M. Kes, yang turut menerapkan Gerakan AMIR di beberapa Rumah Sakit menyebutkan bahwa tema Hari Ginjal Sedunia tahun ini adalah ‘Kidney Health for Everyone, Everywhere’.

Kampanye Ayo Minum Air (AMIR) di acara peringatan Hari Ginjal Sedunia. (Dok. Danone-Aqua)
Kampanye Ayo Minum Air (AMIR) di acara peringatan Hari Ginjal Sedunia. (Dok. Danone-Aqua)

"Kami turut mendukung edukasi tentang hidrasi sehat tidak hanya di rumah sakit, tetapi dimulai dari usia dini anak-anak SD, termasuk pada anak-anak di PAUD. Oleh karena itu, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ini kami akan memasukkan edukasi ini dalam modul UKS,” ujar dr. Kuntjoro.

Dalam acara tersebut, disajikan juga permainan-permainan edukatif yang membantu peserta mempelajari pentingnya asupan air yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, serta pemberian beberapa penghargaan seperti, sekolah terbaik, dokter kecil terbaik, guru terbaik, PAUD terbaik, kader PKK terbaik, dan rumah sakit terbaik untuk para partisipan di kegiatan Gerakan AMIR.

Vice President General Secretary Danone-Indonesia Vera Galuh Sugijanto yang juga berkesempatan menjadi panelis di kegiatan Hari Ginjal Sedunia mengatakan setiap tahunnya, Danone-AQUA terus mendukung Hari Ginjal Sedunia sebagai peringatan kepada masyarakat akan pentingnya pemenuhan hidrasi untuk menjaga kesehatan ginjal.

"Danone-AQUA bangga bisa menjadi bagian dari kolaborasi ini, terutama dalam Gerakan AMIR yang diangkat kembali pada WKD 2019 ini, untuk membiasakan hidrasi sehat sejak dini. Dengan kolaborasi para pihak, maka akan semakin mempercepat proses edukasi masyarakat dalam pemenuhan hidrasi dan terciptanya Indonesia yang Sehat," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS