Jangan Dibuang, Biji Pepaya Bisa Diolah untuk Mencegah Kanker

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Jangan Dibuang, Biji Pepaya Bisa Diolah untuk Mencegah Kanker
Ilustrasi buah dan biji pepaya. (Shutterstock)

Bagaimana caranya?

Suara.com - Biji pepaya biasanya dibuang saat kita akan mengonsumsi buahnya. Padahal faktanya, biji pepaya juga bisa dimakan dan sarat dengan nutrisi.

Ya, biji pepaya merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, seperti fosfor, kalsium, magnesium, serat, protein, dan antioksidan. Tak hanya itu, biji pepaya juga tinggi lemak dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal termasuk asam oleat.

Dengan segudang nutrisi tersebut, tak heran kalau biji pepaya punya banyak manfaat untuk kesehatan. Dan inilah daftar manfaat kesehatan biji pepaya seperti dilansir dari Boldsky.

1. Mencegah kanker
Dalam biji pepaya ditemukan kandungan benzyl glucosinolate yang dikenal untuk mencegah penyebaran sel kanker dan mengekang aktivitasnya. Ini adalah salah satu kualitas terpenting dari biji pepaya. Itu sebabnya, belakangan mulai banyak penelitian terhadap ekstrak biji pepaya untuk mengobati berbagai jenis kanker.

2. Mengurangi radang
Peradangan adalah penyebab utama berbagai penyakit pada manusia, seperti kanker dan diabetes. Penelitian telah menemukan bahwa phytochemical yang diekstrak dari biji pepaya dapat mengurangi peradangan, sehingga mengurangi kemungkinan penyakit.

3. Mengurangi pertumbuhan bakteri dan patogen lainnya
Biji pepaya dikenal memiliki kekuatan antibakteri yang kuat, yang dapat mencegah infeksi bakteri menyebar di dalam tubuh. Mereka juga mengandung alkaloid carpaine yang bermanfaat untuk membuat kondisi usus tetap basa atau alkali usus, serta membunuh amuba, parasit, dan cacing.

4. Menyembuhkan sirosis hati
Biji pepaya mengandung bisa membantu mendetoksifikasi hati dan mengobati sirosis hati. Sekitar 5-6 biji pepaya bisa ditumbuk untuk dijadikan jus. Mengkonsumsi jus biji pepaya setiap hari membantu Anda mendetoksifikasi hati.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS