Hati - hati, Makan Pepaya Hijau saat Hamil Bisa Picu Keguguran

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Hati - hati, Makan Pepaya Hijau saat Hamil Bisa Picu Keguguran
Pepaya hijau alias pepaya belum matang. (Shutterstock)

Mengapa pepaya hijau bisa berisiko keguguran? Simak penjelasan peneliti.

Suara.com - Saat hamil, perempuan akan melakukan segala cara untuk menjaga janin yang dikandungnya tetap sehat, termasuk menghindari makanan tertentu, termasuk pepaya hijau karena diyakini dapat meningkatkan risiko keguguran.

Sebuah penelitian yang dilansir dari laman Boldsky menyebutkan bahwa pepaya hijau atau pepaya yang belum matang mengandung segudang enzim yang dapat mempengaruhi kehamilan.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa ibu hamil (bumil) yang mengonsumsi pepaya mentah cenderung mengalami kejang pada rahimnya sehingga bisa berisiko keguguran. Tak hanya itu, pepaya hijau juga disebut-sebut sebagai cara alami untuk mencegah kehamilan sejak zaman dahulu atau kontrasepsi alami.

Alasannya, kandungan enzim papain dalam pepaya akan merangsang pertumbuhan endometrium dinding uterus yang merupakan lingkungan tidak sehat bagi janin untuk tumbuh. Pepaya mentah juga dianggap sangat berbahaya untuk perkembangan janin.

Tidak hanya enzim papain, konsentrasi tinggi lateks yang ada di pepaya mentah dianggap berbahaya untuk kehamilan. Lateks adalah cairan seperti susu atau juga disebut getah yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim dan memicu keguguran.

Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition menyetujui efek negatif konsumsi pepaya hijau pada ibu hamil.

Namun hal ini tidak berlaku untuk pepaya matang. Justru pepaya matang sangat dianjurkan untuk ibu hamil, karena kandungan seratnya yang tinggi.

Jadi, yang harus Anda hindari konsumsi pepaya hijau atau mentah saat hamil ya!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS