Bahaya Mandi Air Dingin Setelah Begadang

Ade Indra Kusuma
Bahaya Mandi Air Dingin Setelah Begadang
Ilustrasi mandi. (Sumber: Shutterstock)

Tubuh yang langsung terguyur air bisa mengakibatkan kagetnya saraf saraf tubuh.

Suara.com - Bahaya Mandi Air Dingin Setelah Begadang.

Tidur merupakan tahap dimana tubuh mengalami fase istirahat. Namun di saat-saat tertentu, begadang terkadang menjadi hal yang tak terhindarkan. Misalnya ketika Anda sedang dikejar tenggat waktu yang sangat mepet, atau kalau Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian atau presentasi penting di pagi hari.

Tubuh yang langsung terguyur air dingin ketika bangun tidur secara biasanya akan mengakibatkan kagetnya saraf – saraf tubuh.

Jika Anda begadang semalaman dan bergegas mandi karena jadwal meeting mendadak, ada beberapa risiko yang timbul. Mengutip Hellosehat, dari kanal kesehatan BBC, dr. Chris Bleakley mengingatkan bahwa mandi air dingin bisa membuat tubuh syok.

"Apalagi jika suhu tubuh Anda cukup panas karena tidak tidur dan berkegiatan semalam suntuk. Perubahan suhu yang ekstrem dan mendadak ini sangat berisiko bagi orang yang punya masalah jantung atau penyakit Raynaurd (penyakit yang mengganggu sirkulasi darah)," ujarnya.

Meskipun suhu tubuh sudah menurun jadi cukup dingin sebelum Anda mandi, tetap ada risiko yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, suhu yang terlalu dingin bisa menyebabkan arteri dan pembuluh darah menyempit. Akibatnya, pasokan darah dan oksigen menuju jantung pun berkurang.

"Jika ini terjadi, tekanan darah dan detak jantung akan naik secara tiba-tiba. Kondisi ini membuat Anda rentan mengalami nyeri dada, bahkan serangan jantung, atau stroke," pungkasnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS