Rutin Makan Buah Kiwi Bisa Jaga Kesehatan Jantung dan Pencernaan Lho!

M. Reza Sulaiman, Yuliana Sere

Senin, 08 April 2019 | 15:18 WIB
Rutin Makan Buah Kiwi Bisa Jaga Kesehatan Jantung dan Pencernaan Lho!
Buah kiwi punya banyak manfaat kesehatan. (Shutterstock)

Suara.com - Rutin Makan Buah Kiwi Bisa Jaga Kesehatan Jantung dan Pencernaan Lho!

Buah kiwi tak hanya segar dan enak, namun juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip Himedik dari Hhdresearch, buah kiwi punya banyak nutrisi seperti vitamin C, K, E, folat, dam kalium. Buah kiwi juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

Rutin makan buah kiwi bisa membuat Anda memiliki 5 manfaat berikut ini:

1. Sistem kekebalan tubuh lebih kuat

Kiwi mengandung banyak antioksidan, terutama vitamin C. Makan hanya satu cangkir kiwi jauh melebihi asupan C harian yang direkomendasikan.

Penelitian telah menunjukkan diet tinggi vitamin C dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan bahkan dapat membantu menangkal serangan seperti flu.

2. Pencernaan yang lebih baik

Kiwi mengandung banyak serat. Diet tinggi serat menurunkan risiko sembelit dan membuat kamu tetap teratur BAB.

baca juga

Kiwi juga mengandung enzim proteolitik yang disebut actinidin. Enzim ini telah ditemukan untuk membantu memecah protein dalam makanan, memungkinkan pencernaan yang lebih efektif.

3. Tekanan darah lebih sehat

Kiwi mengandung zat bioaktif tertentu yang telah ditemukan dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan makan tiga kiwi per hari dapat menurunkan tekanan darah lebih dari apel sehari. Ini karena kiwi mengandung lutein yang merupakan antioksidan yang kuat.

Kiwi banyak ditemui di Selandia Baru. (Shutterstock)
Buah kiwi punya banyak manfaat kesehatan. (Shutterstock)

4. Mengurangi risiko masalah penglihatan

Salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan adalah penyakit yang disebut degenerasi makula. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan tiga kiwi per hari dapat melindungi seseorang dari itu.

Dalam hal ini, lutein dalam kiwi mendapat bantuan dari senyawa yang disebut zeaxanthin untuk mengurangi risiko degenerasi makula sebesar 36%. Kiwi juga dianggap melindungi terhadap pembentukan katarak.

5. Perlindungan serangan jantung

Kiwi bisa menggantikan posisi aspirin yang diketahui mampu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Sebuah studi dari University of Oslo menemukan bahwa makan 2-3 kiwi per hari memiliki efek yang sama pada tubuh seperti aspirin, mengurangi pembekuan dan menurunkan jumlah lemak yang menggantung dalam aliran darah.

Sumber artikel cek disini
Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Dijual Mahal di Luar Negeri, Simak 7 Manfaat Buah Ceplukan bagi Kesehatan

Dijual Mahal di Luar Negeri, Simak 7 Manfaat Buah Ceplukan bagi Kesehatan

Health | Jum'at, 05 April 2019 | 10:38 WIB

Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari, Ini 6 Manfaat yang Didapat

Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari, Ini 6 Manfaat yang Didapat

Health | Rabu, 03 April 2019 | 19:25 WIB

Sand Bath, Wisata Unik Berendam di Pasir yang Punya Manfaat Kesehatan

Sand Bath, Wisata Unik Berendam di Pasir yang Punya Manfaat Kesehatan

Health | Rabu, 20 Maret 2019 | 09:45 WIB

Terkini

Desil Tidak Sesuai? Ini Cara Ubah Data DTKS dan DTSEN Agar Dapat Bansos

Desil Tidak Sesuai? Ini Cara Ubah Data DTKS dan DTSEN Agar Dapat Bansos

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:45 WIB

The End of Oak Street Pamer Dinosaurus Sampai Misterinya Lupa Dikupas

The End of Oak Street Pamer Dinosaurus Sampai Misterinya Lupa Dikupas

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:45 WIB

BEI Buka Suara Usai MSCI Rombak Indeks, 10 Saham RI Turun Kasta

BEI Buka Suara Usai MSCI Rombak Indeks, 10 Saham RI Turun Kasta

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:40 WIB

Tak Perlu beli Baru, Ini 6 Cara Mengatasi HP Lemot agar Kembali Cepat dan Responsif

Tak Perlu beli Baru, Ini 6 Cara Mengatasi HP Lemot agar Kembali Cepat dan Responsif

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:36 WIB

Mencekam di Dasar Sumur Tasikmalaya: Mayat Perempuan Ditemukan Bersama Ular Kobra

Mencekam di Dasar Sumur Tasikmalaya: Mayat Perempuan Ditemukan Bersama Ular Kobra

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:35 WIB

Baru Sebulan Jual Sabu, IRT di Medan Ditangkap Polisi

Baru Sebulan Jual Sabu, IRT di Medan Ditangkap Polisi

Sumut | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:34 WIB

Lagu 'Astaga Bercanda' Viral dan Bikin Baper: Cerita Cinta Segitiga yang Dibalut Tawa

Lagu 'Astaga Bercanda' Viral dan Bikin Baper: Cerita Cinta Segitiga yang Dibalut Tawa

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:33 WIB

Kejutan! Lesti Kejora Bakal Meriahkan Konser 30 Tahun UNGU, Cek Harga Tiketnya

Kejutan! Lesti Kejora Bakal Meriahkan Konser 30 Tahun UNGU, Cek Harga Tiketnya

Entertainment | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:32 WIB

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di FIFA ASEAN Cup 2026: Mengerikan

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di FIFA ASEAN Cup 2026: Mengerikan

Bola | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:30 WIB

Tempat Penampungan Imigran di Pekanbaru Dirazia Aparat Gabungan

Tempat Penampungan Imigran di Pekanbaru Dirazia Aparat Gabungan

Riau | Kamis, 13 Agustus 2026 | 11:30 WIB

×