5 Manfaat Lengkuas yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker!

Vika Widiastuti

Kamis, 11 April 2019 | 07:20 WIB
5 Manfaat Lengkuas yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker!
Lengkuas. (Pixabay/Suanpa)

Suara.com - Lengkuas merupakan bumbu dapur yang kerap ditambahkan dalam masakan untuk meningkatkan cita rasa. Tak hanya membuat makanan lebih sedap, lengkuas ternyata juga memiliki manfaat ajaib bagi kesehatan hingga meningkatkan kesuburan manusia.

Lengkuas berasal dari keluarga jahe dengan berbagai macam manfaat didalamnya. Saat ini banyak negara Eropa yang mengimpornya sebagai obat-obatan alami.

Para ahli herbal dan ahli homeopati pun mengakui khasiat lengkuas sebagai obat-obatan alami dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

HiMedik melansir dari naturalfoodseries.com, berikut ini 5 manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Meningkatkan jumlah sperma

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 di Iranian Journal of Reproductive Medicine menyimpulkan bahwa akar lengkuas meningkatkan motilitas dan jumlah sperma serta meningkatkan kesehatan sperma.

Studi lain juga menyatakan jumlah sperma akan meningkat tiga kali lipat ketika 34 pria sehat menerima ekstrak buah delima dan lengkuas.

2. Memperlancar pencernaan

Lengkuas yang sangat tua juga berguna untuk mengobati berbagai macam sakit perut, seperti muntah, diare, dan juga cegukan.

baca juga
Lengkuas. (Pixabay/Suanpa)
Lengkuas. (Pixabay/Suanpa)

3. Mencegah kanker dan tumor

Lengkuas mengandung banyak zat antioksidan dan anti-inflamasi, rempah ini dapat membantu menurunkan kerusakan DNA akibat radikal bebas.

Para peneliti Inggris juga menemukan bahwa lengkuas memiliki sifat melawan kanker. Mereka sudah melakukan percobaan dengan orang yang menderita payudara dan paru-paru.

4. Menurunkan kolesterol

Para peneliti dari China menyatakan bahwa ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak dengan bantuan flavonoidnya seperti kaempferol, quercetin, dan galanin.

Peneliti Korea juga membuktikan bahwa ekstrak lengkuas secara substansial mengurangi kolesterol dan Trigliserida.

5. Menurunkan demam

Apabila lengkuas dikombinasikan dengan nila-embu akan menjadi obat alami yang mujarab menurunkan demam. Kita hanya perlu mengambil 5 - 6 lembar daun Nila-Embu, campur dengan ½ lengkuas yang lebih besar.

Lalu rebus semua bahan tersebut dengan air secangkir hingga mendidih dan minumlah secara rutin 2-3 hari sekali. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

Sumber artikel cek disini
Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Gampang Ditemukan, 3 Buah Ini Bisa Bunuh Sel Kanker Ganas

Gampang Ditemukan, 3 Buah Ini Bisa Bunuh Sel Kanker Ganas

Health | Rabu, 10 April 2019 | 19:45 WIB

Bisa Jadi Sarang Bakteri, Spons Cuci Piring Harus Diganti Seminggu Sekali

Bisa Jadi Sarang Bakteri, Spons Cuci Piring Harus Diganti Seminggu Sekali

Health | Rabu, 10 April 2019 | 06:45 WIB

Dijual hingga Rp1 Juta per Pot, Ternyata Lidah Mertua Punya 5 Manfaat Ajaib

Dijual hingga Rp1 Juta per Pot, Ternyata Lidah Mertua Punya 5 Manfaat Ajaib

Health | Selasa, 09 April 2019 | 17:45 WIB

Rutin Makan Buah Kiwi Bisa Jaga Kesehatan Jantung dan Pencernaan Lho!

Rutin Makan Buah Kiwi Bisa Jaga Kesehatan Jantung dan Pencernaan Lho!

Health | Senin, 08 April 2019 | 15:18 WIB

Benarkah Suka Konsumsi Makanan Pedas Bisa Terhindar dari Kanker Paru?

Benarkah Suka Konsumsi Makanan Pedas Bisa Terhindar dari Kanker Paru?

Health | Minggu, 07 April 2019 | 13:00 WIB

Terkini

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:55 WIB

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:12 WIB

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:48 WIB

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Jabar | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:20 WIB

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Bogor | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:15 WIB

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Banten | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:06 WIB

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:55 WIB

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:42 WIB

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:10 WIB

×