Manfaat Tersembunyi Daun Pisang, Cegah Kanker hingga Atasi Gigitan Serangga

Vika Widiastuti
Manfaat Tersembunyi Daun Pisang, Cegah Kanker hingga Atasi Gigitan Serangga
Ilustrasi: Ternyata daun pisang memiliki manfaat bagi kesehatan. (Pixabay/Sanjayan)

Daun pisang juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Suara.com - Manfaat Tersembunyi Daun Pisang, Cegah Kanker hingga Atasi Gigitan Serangga.

Daun pisang selama ini biasanya dimanfaatkan untuk membungkus makanan, karena memberikan aroma wangi dan bikin makanan lebih sedap  ternyata memiliki manfaat kesehatan yang harus kamu tahu. 

Daun pisang diketahui mengandung sejumlah polifenol, seperti epigallocatechin gallate atau EGCG yang biasa ditemukan dalam teh hijau. Kandung polifenol ini adalah antioksidan alami yang biasa ditemukan dalam makanan nabati.

Selain itu, daun pisang juga mengandung 3 cincin fenol dan memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Begitu pula dengan kandungan epigallocatechin gallate di dalam daun pisang yang biasa ditemukan dalam teh hijau.

Epigallocatechin gallate dipercaya mampu melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Artinya kandungan tersebut juga melindungi kita dari sejumlah penyakit kronis akibat radikal bebas, seperti kanker, arteriosklerosis, penyakit jantung dan penuaan.

Epigallocatechin gallate dapat melindungi DNA dalam sel manusia dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan radiasi yang terlihat. Kandungan ini juga efektif untuk meningkatkan oksidasi lemak dan menurunkan berat badan.

Daun pisang mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti iritasi hingga ketombe (Pixabay/sarangib)
Manfaat daun pisang mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti iritasi hingga ketombe (Pixabay/sarangib)

Karena itu, daun pisang yang dikemas dengan Epigallocatechin adalah bahan yang sangat bermanfaat dalam perawatan peremajaan kulit.

Tak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit, HiMedik melansir dari indiatimes.com, daun pisang juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

1. Obat luka

Daun pisang bisa digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi luka ringan di kulit dan masalah kulit lainnya, seperti ketombe, eksim dan terbakar sinar matahari.

Kita bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus daun pisang secara rutin atau merendam daun pisangnya dengan air dingin lalu oleskan ke bagian kulit yang membutuhkan.

2. Mengatasi gigitan serangga

Daun pisang juga berguna untuk meringankan rasa sakit akibat gigitan serangga beracun, sengatan lebah, gigitan laba-laba, ruam dan iritasi kulit.

Daunnya memang dikenal sebagai penghilang rasa sakit alami.

3. Lotion dan krim

Daun pisang juga mengandung Allantoin, bahan aktif mahal yang ampuh membunuh kuman dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Itulah  beberapa manfaat tersembunyi daun pisang yang sungguh menakjubkan ya! (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS