Waspada, Golongan Darah Ini Paling Berisiko Terserang Kanker

Rima Sekarani Imamun Nissa
Waspada, Golongan Darah Ini Paling Berisiko Terserang Kanker
Seorang petugas kesehatan tengah cek darah pasien. [shutterstock]

Apa golongan darah Anda?

Suara.com - Setiap orang mempunyai sel kanker dalam tubuh. Artinya semua orang memiliki risiko terserang kanker dengan peluang berbeda-beda. Salah satu yang meningkatkan peluang seseorang terserang kanker adalah golongan darah mereka.

Para peneliti Dana-Farber Cancer Institute menemukan hubungan antara golongan darah dengan risiko terserang kanker atau penyakit kronis lainnya.

Dalam Journal of National Cancer Institute, dilansir dari harvard.edu, ada keterkaitan erat antara golongan darah dengan peluang seseorang menderita kanker pankreas.

Studi Kesehatan Perawat dan Para Profesional Kesehatan menyatakan orang-orang dengan golongan darah A, B dan AB justru lebih berisiko tinggi terserang kanker kolorektal dibandingkan orang dengan golongan darah O. Namun, hal tersebut juga dipicu oleh faktor lainnya, seperti riwayat keluarga.

Ilustrasi pengobatan kanker. (Shutterstock)
Ilustrasi pengobatan kanker. (Shutterstock)

''Tingginya risiko penyakit itu juga tergantung faktor genetik yang mempengaruhi naik dan turunnya risiko seseorang terserang kanker,'' kata Brian Wolpin, penulis utama dalam studi ini.

Mereka juga menemukan bahwa orang-orang di luar golongan darah O berpeluang terserang kanker pankreas lebih tinggi. Masing-masing golongan darah memiliki tingkat risiko A 32%, AB 51%, dan B 72% lebih tinggi.

Hasil tersebut juga berarti orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit seumur hidupnya daripada golongan darah lain.

Ilustrasi kanker anak. (Shutterstock)
Ilustrasi kanker anak. (Shutterstock)

Walau begitu, mereka menegaskan kalau tingginya peluang seseorang kanker pankreas tak hanya ditentukan dari golongan darah tetapi juga faktor lain dan membutuhkan pemeriksaan fisik lebih lanjut.

Salah satunya adalah antingen tipe darah yang bisa mempengaruhi tingkat protein inflamasi dalam darah seseorang. Peradangan kronis bisa saja terjadi yang berkaitan dengan risiko kanker pankreas.

''Hubungan antara golongan darah dan risiko kanker pankreas memberikan jalan baru untuk mendapatkan mekanisme biologis yang mendasari penyakit kanker pankreas ini,'' kata dia. (HiMedik.com/Shevinna Putti Anggraeni)

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS