Shisha Ternyata Mengandung Nikotin Setara 20 Batang Rokok

Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Shisha Ternyata Mengandung Nikotin Setara 20 Batang Rokok
Shisha sama bahayanya dengan mengisap rokok tembakau.

Jika kebiasaan, mengisap shisha dapat menyebabkan infeksi bahkan abses pada paru.

Suara.com - Shisha Ternyata Mengandung Nikotin Setara 20 Batang Rokok

Shisha atau juga disebut hookah merupakan gaya merokok ala Timur Tengah. Umumnya Shisha disediakan di resto-resto bertema Timur Tengah. 

Tak seperti rokok, shisha menggunakan tabung atau pipa berisi air yang menyemburkan asap beraroma manis. Nah, meski tampak tak seperti sedang merokok, ternyata shisha juga mengandung nikotin lho. Bahkan besarnya setara pada 20 batang rokok. 

Hal ini disampaikan dr. Sita Laksmi Andarini, Ph.D., Sp.P(K), dari FKUI/RS Pusat Persahabatan. Dokter Sita mengatakan pemahaman masyarakat yang kurang akan bahaya shisha ini membuat pengguna tak sadar bahwa risikonya lebih besar dibandingkan merokok konvensional.

"Nikotinnya lebih tinggi dari rokok. Shisha kan mengandung uap air yang kita tidak tahu diberi apa-apa didalamnya, sehingga menganggapnya aman," ujar dia dalam Peringatan Hari Tanpa Tembakau di Balitbangkes, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Itu sebabnya, dr Sita menambahkan bahwa jika dijadikan kebiasaan, menghisap shisha juga dapat menyebabkan infeksi pada paru, demam, bahkan abses pada paru.

"Itu merupakan hasil dari penelitian saya pada satu orang bukan perokok, satu orang perokok aktif tembakau dan satu orang pengguna shisha di RS Persahabatan," imbuhnya. 

Dr Sita pun mengimbau agar masyarakat menghindari penggunaan shisha, rokok konvensional maupun elektrik karena terbukti dapat menyebabkan masalah pada tubuh. 

"Meski bukan merokok tembakau, konsumsi shisha juga berbahaya bagi tubuh. Karena shisha diberikan air, perasa dan nikotin serta digunakan bersama-sama pada umumnya sehingga risiko dari menghirup dan paparan asapnya pun ada," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS