Menurut Studi, Wanita Hamil Perlu Lebih Banyak Makan Cokelat

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Menurut Studi, Wanita Hamil Perlu Lebih Banyak Makan Cokelat
Perempuan hamil lagi pasca melahirkan. (Shutterstock)

Penyuka cokelat boleh senang.

Suara.com - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa makan cokelat setiap hari dapat bermanfaat bagi bayi yang belum lahir. Mengingat daftar panjang makanan yang wanita harus hindari selama kehamilan, berita ini tentunya disambut hangat oleh calon ibu.

Seperti dilansir dari Asia One, cokelat, terutama cokelat hitam, mengandung flavonoid, yakni sebuah senyawa alami yang kaya akan antioksidan. Flavonoid dikenal untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan penyakit umum lainnya.

Cokelat mengandung jenis flavanol yang dikaitkan dengan pengurangan risiko masalah kardiovaskular dan menurunkan kolesterol.

Studi yang dipresentasikan kepada Society for Maternal-Fetal Medicine ini menyimpulkan bahwa makan cokelat setiap hari memiliki efek positif pada pertumbuhan dan perkembangan janin ibu hamil. Ini karena flavonoid dalam cokelat meningkatkan aliran darah di tubuh ibu.

Peningkatan aliran darah membantu plasenta berkembang dan berfungsi secara normal.

Sebuah studi menyebutkan cokelat lebih ampuh mengatasi batuk ketimbang obat batuk. (Shutterstock)
Makan cokelat. (Shutterstock)

"Dalam studi ini, wanita hamil makan cokelat selama trimester pertama dan trimester kedua. Studi ini tidak mengharuskan wanita untuk makan cokelat pada trimester ketiga," Dr Robyn Horsager-Boehrer dari UT Southwestern.

"Dan, ketika Anda mencapai trimester ketiga, bicarakan dengan dokter Anda apakah Anda harus mengurangi konsumsi cokelat Anda," lanjutnya.

Ilustrasi coklat hitam (Shutterstock).
Ilustrasi cokelat hitam (Shutterstock).

Meski makan cokelat dianjurkan, tetap ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pertama, makanlah cokelat murni, bukan olahannya. Ini memberi rasa cokelat pekat tanpa kalori ekstra dan lemak tidak sehat.

Kedua, semakin gelap cokelat, maka semakin banyak flavonoid (dan biasanya lebih sedikit gula) yang dikandungnya. Ini adalah cokelat yang bagus dan kaya akan antioksidan.

Terakhir, cukup 30 gram cokelat sehari. Bagaimanapun, semua yag berlebihan itu tidak baik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS