Sering Berkeringat, Ini 5 Tips untuk Atasi Keringat Berlebih

M. Reza Sulaiman
Sering Berkeringat, Ini 5 Tips untuk Atasi Keringat Berlebih
Ilustrasi orang sedang berkeringat (Shutterstock).

Keringat berlebih bisa jadi membuat tidak nyaman, apalagi jika keringat juga menimbulkan bau tak sedap.

Suara.com - Sering Berkeringat, Ini 5 Tips untuk Atasi Keringat Berlebih

Aktivitas yang padat bisa memicu timbulnya keringat berlebih. Hal ini bisa jadi membuat tidak nyaman, apalagi jika keringat juga menimbulkan bau tak sedap.

dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK, pakar kesehatan kulit yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia Jakarta (PERDOSKI JAYA) mengatakan keringat berlebih bisa diatasi dengan beberapa cara.

"Bagi pemilik kulit ketiak sensitif, kandungan parfum, paraben, ataupun alcohol dalam deodorant dapat memicu terjadinya alergi atau iritasi, sehingga masih ada perempuan yang menghindari pemakaian deodorant. Padahal, penggunaan deodorant disertai antiperspirant dapat membantu mengatasi permasalahan keringat berlebih yang terjadi umumnya akibat perubahan gaya hidup. Seperti mengkonsumsi alkohol, makanan cepat saji, kafein, dan obat-obatan, serta mempengaruhi stress dan rasa khawatir,” ujarnya baru-baru ini.

"Jangan salah memilih sabun mandi, bila memang keringat Anda berlebihan, lebih baik memilih sabun antibakterial. Ketika bakteri bercampur dengan keringat, mengakibatkan badan mengeluarkan bau kurang sedap. Untuk itu, saat berkeringat disarankan untuk segera mengelap dengan tisu. Mandi dengan sabun antibakterial di samping membantu mengontrol keringat, juga mencegah bau badan yang kerap muncul saat keringat berlebih.” tambahnya lagi.

Nah, dr. Melyawati pun memberikan tips untuk mengatasi keringat berlebih. Apa saja?

Hindari makanan pedas

Batasi konsumsi makanan pedas yang bisa meningkatkan produksi keringat berlebih. Apalagi kalau sedang gugup, stres, atau cemas.

Ilustrasi lelaki menggunakan deodoran. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki menggunakan deodoran. (Shutterstock)

Pemilihan bahan pakaian

Memakai baju tipis yang menyerap keringat, baik untuk tidur, bepergian, maupun saat berolahraga. Pastikan bajumu dibuat dari bahan yang mudah menyerap keringat. Usahakan untuk memilih baju dari 100 persen katun asli karena kemampuannya menyerap keringat sangat baik.

Menjaga berat badan ideal

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas akan memerlukan energi lebih besar untuk bergerak dan beraktivitas. Akibatnya, suhu tubuh akan lebih cepat naik dan berkeringat lebih banyak.

Berhenti merokok

Merokok akan memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras membuang berbagai zat beracun seperti nikotin. Hal ini akan memicu kelenjar keringat untuk terus memproduksi keringat berlebih.

Periksa ke dokter

Kalau berbagai cara di atas tidak berhasil mengatasi keringat berlebih, Anda mungkin perlu penanganan dari dokter misalnya operasi, botox, atau minum obat-obatan khusus yang sudah diresepkan. [Rosalin Febriyanti]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS