Mantan Istri Caisar YKS Sakit Kulit Langka Psoriasis, Apa Penyebabnya?

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Mantan Istri Caisar YKS Sakit Kulit Langka Psoriasis, Apa Penyebabnya?
Indadari. [Suara.com/Ismail]

Indadari, mantan istri Caisar YKS pernah sakit kulit langka psoriasis, ternyata 2 hal ini bisa jadi penyebabnya.

Suara.com - Mantan istri komedian Caisar Putra Aditya atau Caisar 'YKS', Indadari Mindrayanti namanya sudah tidak asing lagi terdengar. Pada 2017 lalu, Indadari sempat dikabarkan menderita penyakit kulit langka.

Indadari menderita penyakit kulit psoriasis yang menyebabkan kulit memerah, terkelupas, menebal, terasa kering dan bersisik.

Ia sempat mengaku telah menderita penyakit tersebut sejak 2009-2010. Ketika itu, ia sedang hamil anak pertama hasil pernikahannya dengan Lucky Hakim.

"Kalau aku garuk jadi luka, semacam kayak cacar tapi lama-lama bekasnya hilang. Jadi 8 tahun lalu sudah mulai mengeluh, kulit aku keras," kata Indadari saat dihubungi Suara.com melalui telepon selulernya, Kamis (2/2/2017) silam.

Perlu Anda ketahui psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit. Kondisi ini menyebabkan penskalaan pada permukaan kulit.

Ilustrasi penyakit kulit, psoriasis. (Shutterstock)
Ilustrasi penyakit kulit, psoriasis. (Shutterstock)

Melansir dari Healthline, biasanya sel-sel kulit tumbuh jauh di dalam kulit dan perlahan-lahan naik ke permukaan. Tetapi pada orang dengan psiorasis, proses produksi ini dapat terjadi hanya dalam beberapa hari.

Karena itu, sel-sel kulit tidak punya waktu untuk lepas. Lantas produksi berlebih yang cepat ini akan menyebabkan penumpukan sel-sel kulit.

Adapun kulit bagian tubuh yang rentan terkena dampaknya, yakni tangan, kaki dan leher. Ada pula beberapa kasus psoriasis yang terjadi pada kuku, mulut dan area organ intim.

Sebenarnya tidak ada penyebab yang jelas seseorang menderita psoriasis. Tetapi, faktor utama yang menyebabkan kondisi ini jelas genetika dan sistem kekebalan tubuh.

Psoriasis adalah kondisi autoimun. Kondisi autoimun adalah hasil dari serangan tubuh itu sendiri. Dalam kasus psoriasis, sel darah putih dikenal sebagai sel T yang menyerang sel kulit.

Beberapa orang juga mewarisi gen yang membuat lebih rentan menderita psoriasis. Jika Anda memiliki anggota keluarga dengan masalah kulit, sudah pasti Anda lebih berisiko menderita psoriasis.

Namun, hal paling penting adalah penyakit langka psoriasis ini tidak bisa menular. Jika Anda menyentuh lesi psoriasis orang yang sedang menderita tidak akan menyebabkan Anda mengalami hal sama.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS