3 Tips Aman Naik KRL dan Bus untuk Ibu Hamil

Silfa Humairah Utami
3 Tips Aman Naik KRL dan Bus untuk Ibu Hamil
Ibu hamil di transportasi umum. (Shutterstock)

Tetap bisa bekerja, ini tips aman naik KRL dan bus untuk ibu hamil.

Suara.com - 3 Tips Aman Naik KRL dan Bus untuk Ibu Hamil.

Hamil tentunya tidak membatasi diri Anda untuk beratifitas atau bekerja. Namun, terkadang perjalanan menuju kantor yang menggunakan transportasi umum seperti bus dan Kereta Rel Listrik (KRL) membuat para ibu hamil kewalahan.

Selain meningkatkan hormon stres, ibu hamil yang berkendara menggunakan transportasi umum,  terkadang juga harus mengambil risiko berdiri atau berdesakan ketika keadaan penuh.

Penelitian dari Lehigh University dan University of Wisconsin-Madison pada tahun 2019 menunjukkan bahwa berkendara saat hamil dalam jarak yang jauh dapat memengaruhi kesehatan janin Anda.

Tentu pengaruh yang dibicarakan di dalam penelitian ini adalah dampak buruk terhadap calon bayi Anda. Misalnya, bayi lahir dengan berat badan yang rendah atau bahkan kelahiran prematur, sehingga penting mengetahui kondisi kehamilan serutin mungkin.

Walaupun cukup berisiko bagi ibu hamil, ada cara dan solusi untuk mengurangi risiko yang ada agar tetap aman, simak tips berkendara dengan transportasi umum saat hamil dilansir Hello Sehat. 

1. Hanya membawa barang yang diperlukan

Jika Anda sedang hamil dan menggunakan transportasi umum, usahakan untuk membawa barang-barang yang diperlukan saja. Selain tidak berat juga memudahkan Anda untuk naik dan turun. Misalnya hanya bawa ponsel, botol minum.

Selain itu, jika perlu pengalihan agar tidak merasakan mual, Anda dapat mencoba mendengarkan podcast atau musik dari ponsel Anda.

2. Menggunakan jaket dan masker

Selain membawa barang yang dibutuhkan, Anda juga memerlukan jaket atau luaran ketika berkendara dengan transportasi umum. Akan tetapi, jangan memilih jaket yang terlalu tebal dan sulit dibuka.

Hal itu justru akan menyulitkan Anda ketika merasa sesak di angkutan umum.

Memakai jaket bertujuan untuk mengurangi penyebaran bakteri dan virus melalui kulit. Selain itu, para ibu hamil juga dianjurkan untuk menggunakan masker yang tidak begitu ketat di wajah mereka.

3. Meminta tempat duduk

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda tentu sudah tahu bahwa terdapat kursi prioritas di setiap angkutan umum, seperti bus atau kereta.

Jangan sungkan untuk meminta tempat duduk kepada penumpang lainnya. Jelaskan pada mereka bahwa Anda sedang hamil dan rentan mengalami mual dan muntah ketika berkendara. Apalagi Anda juga berisiko terimpit di sesaknya angkutan umum.

Jika Anda malu atau tidak berani, cobalah meminta tolong dengan petugas sekitar agar dapat menggantikan Anda untuk menanyakan kepada penumpang lain.

Berkendara dengan transportasi umum saat hamil memang memerlukan perhatian dan tingkat kewaspadaan yang lebih daripada biasanya. Hal tersebut dikarenakan Anda bertanggung jawab terhadap dua orang, yaitu diri sendiri dan janin Anda. Jangan lupa untuk rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Jadi jangan sungkan untuk meminta kursi karena setiap transportasi umum seperti bus dan KRL pasti punya kursi prioritas atau memprioritaskan ibu hamil, selain itu juga ikuti tips lainnya untuk menjaga keselamatan Anda dan bayi Anda. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS