Jadi Inspirasi, Ini Rahasia Hubungan Langgeng Seperti Habibie & Ainun!

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Jadi Inspirasi, Ini Rahasia Hubungan Langgeng Seperti Habibie & Ainun!
Foto Habibie & Ainun (Instagram/habibieainunmovie)

Kisah cinta Habibie & Ainun telah menginspirasi banyak orang.

Suara.com - Bangsa Indonesia berduka atas berpulangnya Presiden Ketiga RI BJ Habibie, Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Selain jasanya kepada negara, kisah cinta juga telah menjadi inspirasi.

"Kesetiaan berarti ketulusan untuk menyimpan satu hati di dalam hati dan berjanji untuk tidak akan mengkhianati."

Kalimat di atas merupakan salah satu kutipan romantis mendiang BJ Habibie yang ditujukan tentang cintanya pada sang istri, Hasri Ainun Besari.

Kesetiaan Habibie terhadap Ainun telah menginspirasi banyak orang. Kisah cinta mereka yang berjalan lebih dari 40 tahun lamanya pun diadaptasi dalam sebuah film layar lebar dengan judul Habibie & Ainun (2012).

Kisah cinta seperti ini pun sebenarnya dapat kita alami. Asal menerapkan lima rahasia hubungan bahagia di bawah ini, yang dikutip dari Psychology Today oleh Gleb Tsipursky Ph.D.

1. Jujur

Masalah apa pun yang hindari, atau kebenaran yang tidak ingin akui, kemungkinan dapat merusak hubungan Anda.

Lebih baik menghadapi kebenaran secara langsung dan mengatasinya, daripada dibiarkan menyabotase hubungan Anda dalam jangka panjang.

2. Menghindari pikiran negatif

Salah satu bahaya terbesar dalam hubungan adalah mengasumsikan pemikiran dan perasaan orang lain (pasangan) sama dengan Anda.

Terkadang, sisi emosional kita tidak mau menerima adanya perbedaan dalam diri pasangan. Padahal, belum tentu pasangan berpikiran seperti yang kita pikirkan, terlebih tentang hal negatif.

BJ Habibie, Ainun Habibie. (Instagram/@b.jhabibie)
BJ Habibie, Ainun Habibie. (Instagram/@b.jhabibie)

3. Gunakan 'Tell Culture'

Tell Culture merupakan strategi komunikasi di mana masing-masing pasangan terbuka dan jujur. Baik tentang perasaan, pikiran dan apa yang terjadi dalam hari-hari mereka.

Namun, agar Tell Culture bekerja, sangat penting untuk tidak berharap pasangan akan melakukan apa yang kita katakan. Sebaliknya, Anda hanya bertanggung jawab untuk memberi tahu mereka tentang kebutuhan dan keinginan Anda.

Pasangan bebas untuk bertindak sesuai pilihan mereka, berdasarkan kebutuhan dan keinginan mereka sendiri.

4. Berlatih selaras secara emosional

Ketika berkomunikasi satu sama lain, jangan hanya mendengarkan apa yang dikatakan pasangan. Tetapi coba pahami emosi yang mereka salurkan.

Perhatikan apakah pasangan merasa tertekan, letih, sedih, frustasi, bingung, senang, gembira, atau hal emosi lainnya.

Penyesuaian emosional semacam itu akan meningkatkan kemampuan Anda untuk memahami pasangan dan merespons dengan cara yang mengarah pada hubungan yang bahagia dan tahan lama.

5. Percaya

Semua strategi ini akan membantu Anda membangun kepercayaan, yang merupakan kunci untuk memiliki hubungan yang bahagia dan langgeng.

Tunjukan kerentanan dan keterbukaan, berbagi rahasia dan bermurah hati dalam menawarkan untuk berkompromi.

Jika pasangan memperlihatkan bahwa diri mereka dapat dipercaya, maka Anda harus lebih berkomitmen pada hubungan.
Sedangkan apabila mereka tidak begitu, maka evaluasi ulang tingkat komitmen Anda sendiri, sebab hubungan ini tidak akan langgeng.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS