Kanker Mulut di Inggris Naik 2 Kali Lipat, Oral Seks Salah Satu Penyebab

Ade Indra Kusuma | Dinda Rachmawati
Kanker Mulut di Inggris Naik 2 Kali Lipat, Oral Seks Salah Satu Penyebab
Kanker Mulut di Inggris Naik 2 Kali Lipat, Oral Seks Salah Satu Penyebab [Shutterstock]

Laporan menemukan bahwa HPV, virus umum ini menyebar melalui aktivitas seksual, yakni oral seks.

Suara.com - Kanker Mulut di Inggris Naik 2 Kali Lipat, Oral Seks Salah Satu Penyebab

Badan amal Oral Health Foundation, Inggris mengungkap, jika angka penderita kanker mulut di Inggris melonjak hingga 135 persen di banding tahun lalu. Angka ini, seperti dilansir Daily Star menjadi rekor tertinggi yang pernah ada di negara tersebut.

Tahun lalu, tujuh orang meninggal setiap harinya karena penyakit yang diderita oleh 8.333 pasien di Inggris. Hal inilah yang membuat Oral Health Foundation mendesak orang untuk memahami penyebab penyakit memtikan tersebut.

Mereka mengklaim jika tidak hanya karena merokok dan alkohol, kanker mulut juga disebabkan oleh oral seks akibat adanya penularan virus HPV secara seksual.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Laporan tersebut menemukan bahwa HPV, virus umum yang menyebar melalui aktivitas seksual menyebabkan 73 persen kanker mulut orofaring (belakang mulut).

Sedangkan alkohol menyebabkan sekitar sepertiga dari semua kasus, dengan mereka yang minum lebih dari 10 unit setiap minggu memiliki risiko sebesar 81 persen memiliki kanker mulut..

Merokok juga merupakan biang keladi dari 17 persen kanker mulut, dan dengan merokok Anda memiliki peluang terhadap penyakit ini sebesar 91 persen.

Sementara itu, usia tua juga disoroti sebagai salah satu faktor kanker mulut. Serta penyebab yang lebih rendah seperti sinar-X, radiasi gamma, asbes, ikan asin, formaldehida, debu kayu, paparan sinar matahari yang berlebihan, hingga asap lingkungan.

Gejala kanker mulut termasuk benjolan persisten yang tidak dapat dijelaskan, bercak putih atau merah pada lapisan mulut atau lidah dan perubahan cara bicara seseorang.

National Health Service (NHS) merekomendasikan agar Anda segera mengunjungi dokter umum atau dokter gigi jika khawatir mengenai kondisi kesehatan mulut Anda, terutama jika Anda minum atau merokok terlalu banyak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS