Dibandingkan Obat, 9 Makanan Ini Lebih Ampuh Atasi Depresi

Vania Rossa
Dibandingkan Obat, 9 Makanan Ini Lebih Ampuh Atasi Depresi
Ilustrasi stres, depresi [shutterstock]

Daripada mahal-mahal beli obat, lebih baik atasi depresi dengan makanan alami ini.

Suara.com - Depresi yang berkepanjangan, apalagi jika sampai mengganggu kualitas hidup, biasanya harus diatasi dengan pemberian obat-obatan antidepresan. Tapi tahukah Anda bahwa depresi sesungguhnya juga bisa dibantu dengan beberapa makanan super?

Dilansir dari The Minds Journal, ini dia 9 makanan yang dapat mengusir depresi dan memunculkan kembali hormon bahagia di dalam otak Anda.

1. Green Tea
Teh hijau sudah dikenal sejak zaman kuno memiliki efekj antidepresan. Adalah polifenol, kandungan yang ada di dalam teh hijau, yang membantu mensekresi dopamin, neurotransmitter yang bekerja menjauhkan perasaan depresi.

2. Almond
Menurut penelitian, jumlah magnesium yang tinggi di dalam almond dapat membantu mengurangi stres dan memerangi depresi.

3. Salmon
Salmon memberi Anda ekstraksi minyak hewani yang kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak yang satu ini sudah sejak lama diketahui merupakan sahabat otak yang membantu menyingkirkan depresi.

4. Alpukat
Kandungan kalium yang tinggi di dalam alpukat dapat memberikan efek menenangkan, yang bermanfaat dalam penangan depresi.

5. Cokelat
Bisa dipastikan bahwa cokelat secara instan dapat membuat stres Anda lenyap seketika. Sekresi serotonin saat Anda mengonsumsi kakao juga akan membuat depresi hilang.

6. Pisang
Pisang kaya akan triptofan yang membantu otak mensekresi neurotransmitter serotonin dan melatonin. Kedua jenis neurotransmiter inilah yang membuat Anda merasa lebih baik dan membantu Anda pulih dari keadaan trauma dan depresi.

7. Blueberry
Biru memang identik dengan warna depresi (feeling blue), tapi tidak demikian halnya dengan buah yang satu ini. Efek warna biru dalam blueberry memiliki efek positif sebagai antioksidan yang dapat menyingkirkan depresi.

8. Bayam
Konsumsi bayam akan membantu sekresi serotonin dan dopamin yang mengatasi depresi. Buktinya, lihat saja karakter Popeye yang selalu ceria dan tak pernah depresi meski sang kekasih, Olive, selalu diganggu oleh Brutus!

9. Asparagus
Asparagus kaya akan asam folat yang berperan penting dalam mengatasi depresi. Tambahkan asparagus dalam sup untuk mendapat manfaat kesehatan mental dan memperbaiki suasana hati Anda. (Aflaha Rizal)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS