Perlu Diterapkan, 6 Cara Mencegah Risiko Obesitas pada Anak

Yasinta Rahmawati
Perlu Diterapkan, 6 Cara Mencegah Risiko Obesitas pada Anak
Ilustrasi anak-anak. (Shutterstock)

Obesitas bisa dihindari sedini mungkin.

Suara.com - Memiliki anak dengan tubuh yang gemuk mungkin menggemaskan. Namun, hal itu tidak berbanding lurus dengan kesehatan. Sebab tubuh anak yang kegemukan bisa mengarah pada obesitas.

Anak-anak dengan obesitas pun lebih mungkin menderita tekanan darah dan kolesterol tinggi, kondisi yang biasanya kita kaitkan dengan orang dewasa.

"Anak-anak ini juga memiliki peningkatan risiko pernapasan dan masalah persendian, belum lagi masalah psikologis dan harga diri," kata Dr. Richard Seidman, dokter anak dan kepala petugas medis dari LA Care Health Plan, seperti dikutip dari Healthline.

Maka dari itu, para ahli mengatakan penting untuk menerapkan "diet" dan peningkatan aktivitas fisik untuk menjaga anak pada berat badan yang sehat sesuai ukuran tubuh mereka.

Ilustrasi balita obesitas. (Shutterstock)
Ilustrasi balita obesitas. (Shutterstock)

Lucie Smith, ahli fisiologi olahraga mengatakan ada enam tindakan spesifik yang dapat dilakukan orangtua untuk menjaga berat badan anak-anak pada tingkat yang sehat. Yaitu :

  • Pantau apa yang dimakan anak-anak Anda untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat. Dia menyarankan untuk bertanya apa yang mereka makan siang di sekolah dan memastikan mereka sarapan bergizi setiap hari.
  • Fokus pada buah-buahan dan sayuran, dan dorong anak-anak Anda untuk mencoba hal-hal baru.
  • Mengenalkan makanan sehat itu penting. Jangan menyerah setelah sekali coba. Semakin banyak anak terpapar pada sesuatu, semakin besar kesempatan mereka untuk mencobanya atau bahkan menikmatinya nanti.
  • Batasi jumlah makanan cepat saji yang dimakan keluarga Anda setiap minggu, dan cobalah menyiapkan makanan meski sedang sibuk.
  • Pastikan Anda memiliki camilan pilihan sehat di rumah dan di kulkas. Hindari menyimpan camilan yang tidak sehat di dapur.
  • Orangtua harus mendorong peningkatan aktivitas fisik dengan berpartisipasi dalam kegiatan fisik bersama mereka.
  •  

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS