Jangan Abaikan, Ini 4 Tanda-Tanda Peringatan Dini Kanker pada Pria

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Abaikan, Ini 4 Tanda-Tanda Peringatan Dini Kanker pada Pria
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Berbeda dengan perempuan, tubuh pria menunjukkan gejala-gejala khusus ketika menderita kanker.

Suara.com - Kanker termasuk penyakit mematikan yang bisa menyerang pria maupun wanita. Beberapa jenis kanker juga dianggap lebih rentan menyerang pria daripada wanita.

Sayangnya, banyak pria yang masih kurang kesadaran untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Sehingga kanker dapat dicegah atau ditangani lebih awal.

Melansir dari The Sun, berikut ini tanda-tanda peringatan dini kanker yang menyerang pria.

1. Kencing terasa sakit

Buang air kecil yang terasa sakit bisa menjadi tanda peringatan dini kanker prostat. Karena prostat yang membesar itulah yang menyebabkan kencing menyakitkan. Apalagi kencing yang sakit disertai sakit punggung bawah, nyeri di dubur dan pinggul.

Ilustrasi testis, penis atau selangkangan pria (shutterstock)

2. Benjolan di testis

Jika Anda melihat ada benjolan aneh, berat atau tebal tumbuh di testis, waspadai bahwa itu petunjuk awal kanker testis. Meskipun Anda masih muda, jangan abaikan gejala awal ini karena kanker testis tidak memandang usia.

3. Darah di dalam kotoran atau kencing

Darah di kotoran atau kencing merupakan tanda awal kanker usus, yakni kanker paling mematikan. Tetapi, hal itu juga bisa merupakan tanda kanker kandung kemih dan ginjal. Karena itu segera periksakan gejalanya ke dokter untuk mendapat diagnosis yang pasti.

4. Perubahan kulit penis

Perubahan pada kulit penis, seperti bercak merah, ruam, warna atau bercak kulit bisa merupakan tanda peringatan dini kanker penis. Tanda-tanda lainnya termasuk benjolan, benjolan berkerak dan ulkus.

5. Mulas

Rasa sakit seperti terbakar di dada bukan hanya disebabkan oleh serangan jantung, tetapi juga mulas atau gangguan pencernaan. Jika rasa sakit itu tidak hilang, Anda perlu memeriksakannya ke dokter karena bisa jadi tanda kanker perut atau tenggorokan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS