Suami Nana Mirdad Suka Makan Ati Ampela, ini Lho Manfaat Makan Jeroan!

Dany Garjito | Shevinna Putti Anggraeni
Suami Nana Mirdad Suka Makan Ati Ampela, ini Lho Manfaat Makan Jeroan!
Andrew White dan Nana Mirdad. [Sumarni/Suara.com]

Andrew White, suami Nana Mirdad suka mengonsumsi jeroan ati ampela yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Suara.com - Andrew White, suami Nana Mirdad yang berdarah Australia memiliki makanan kesukaan yang tidak biasa. Andrew White mengaku senang mengonsumsi makanan jeroan, seperti ati ampela.

"Saya memang suka banget bakso, ceker ayam sama ati ampela. Wah pokoknya suka banget itu makanan," ujar Andre White bersama Nana Mirdada, dalam acara "HUT ke-30 Bakso Sumber Selera" di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu (23/11/2019).

Banyak orang mengira makanan jeroan seperti ati ampela kesukaan Andrew White kurang menyehatkan dan bisa menyebabkan sejumlah penyakit.

Faktanya, jeroan memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tinggi. Melansir dari medicalnewstoday.com, satu alasan yang menyebabkan makanan ini berbahaya akibat bakteri yang menempel pada jeroan.

Dalam hal ini, ati ampela termasuk jeroan yang padat nutrisi dan sumber vitamin A. Kandungan vitamin A ini bermanfaat untuk kesehatan mata dan bisa mengurangi penyakit yang menyebabkan peradangan, alzheimer hingga radang sendi.

Ilustrasi jeroan (shutterstock)
Ilustrasi jeroan (shutterstock)

Melansir dari hellosehat.com, satu porsi ati ayam mengandung 45 kcal, 1 gram lemak, 15 mg sodium dan tidak mengandung karbohidrat sama sekali.

Ati ayam mengandung cukup banyak protein dan 1 ons ati ayam diperkaya oleh 130 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian yang direkomendasikan untuk vitamin A.

Dalam satu ons ati ayam, Anda juga menemukan 60% asupan harian yang direkomendasikan dari asam folat, alias vitamin B-9. Kandungan asam folat ini sangat penting bagi wanita hamil.

Sementara itu, satu porsi ampela ayam bisa mengandung 2,68 gram lemak total, 78 mg sodium, 107 kcal dan kurang dari 1 gram lemak jenuh.

Bahkan ampela juga kaya protein yang dibutuhkan untuk produksi energi, sekaligus menguatkan sel otot dan jaringan. Sebanyak 100 gram ampela menyediakan 30,39 gram protein yang mampu memenuhi asupan protein harian Anda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS