alexametrics

Selain Kurang Tidur, Ini 5 Penyebab Mata Panda Terbentuk

Ade Indra Kusuma | Dini Afrianti Efendi
Selain Kurang Tidur, Ini 5 Penyebab Mata Panda Terbentuk
Samarkan mata panda. (shutterstock)

Paling menyebalkan saat orang lain mengatakan mata panda kita secara terang-terangan, tentu hal ini bikin kita merasa tidak percaya diri.

Suara.com - Selain Kurang Tidur, Ini 5 Penyebab Mata Panda Terbentuk 

Pernahkah kamu alami sudah cukup tidur selama 8 hingga 9 jam, tapi mata masih saja nampak bengkak, lelah dan seperti mata panda di hari-hari berikutnya?

Lalu, yang paling menyebalkan saat orang lain mengatakannya secara terang-terangan, tentu hal ini bikin kita malu dan merasa tidak percaya diri.

Seperti diketahui lingkaran hitam dan kendurnya kelopak mata terjadi saat stres terjadi, atau mengalami gangguan tidur di malam hari. Tapi, masalahnya waktu tidurmu sudah cukup dan kondisi matamu masih begitu-begitu saja. 

Baca Juga: Cara Ampuh Bantu Samarkan Mata Panda, Wajib Coba!

Mengapa itu terjadi? Ternyata ada alasan lainnya, seperti dikutip laman Times of India, Selasa (3/12/2019) sebagai berikut.

Ilustrasi mata panda. (Shutterstock)
Ilustrasi mata panda. (Shutterstock)

1. Alergi

Alergi mata jadi sebab lain mengapa mata terlihat lelah dan bengkak. Saat partikel kecil seperti serbuk sari atau bulu hewan bersentuhan dengan mata, tubuh kita menghasilkan bahan kimia yang disebut histamin, yang melebarkan pembuluh darah di bawah mata, meningkatkan aliran darah dan menyebabkan peradangan.

2. Dehidrasi

Kekurangan air dalam tubuh bisa membuat kita terlihat lelah dan mengarah pada pembengkakan mata. Ini terjadi karena kulit di sekitar mata sangat sensitif dan saat dehidrasi terjadi bisa membuat mata nampak lelah. Gejala ini tetap akan terjadi meski sudah tidur 7 hingga 8 jam, jadi sering-seringlah mengonsumsi banyak cairan.

Baca Juga: Punya Mata Panda, Yuk Atasi dengan Konsumsi Makanan Ini

3. Terlalu banyak makanan asin

Komentar