alexametrics

Perut Anda Sering Mengeluarkan Suara? Ini lho Penyebabnya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Perut Anda Sering Mengeluarkan Suara? Ini lho Penyebabnya
Ilustrasi perut bersuara (Shutterstock)

Ternyata perut bersuara adalah hal normal, tetapi bisa jadi serius jika terus-menerus dan disertai rasa sakit perut.

Suara.com - Semua orang pasti pernah mengalami perutnya mengeluarkan bunyi. Biasanya hal ini terjadi ketika perut Anda sedang kosong, kelaparan, atau malah terlalu banyak makan.

Sebenarnya perut yang mengeluarkan bunyi adalah hal normal, bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Tetapi, beberapa orang mungkin berpikir bunyi perut menandakan suatu masalah jika sering terjadi.

Melansir dari Fox News, biasanya perut berbunyi atau bergemuruh selama proses memindahkan makanan melalui saluran pencernaan ke dalam usus.

Suara ini muncul selama proses mengaduk makanan dan menghancurkannya seiring berjalannya waktu. Suara juga bisa muncul berupa gas atau udara yang terperangkap di saluran makanan.

Baca Juga: Perankan Si Manis, Indah Permatasari Banyak Tertawa hingga Sakit Perut

Selain itu, suara perut juga bisa terjadi karena Anda mengonsumsi makanan yang sulit dicerna atau diurai dalam perut.

Namun, suara perut yang berdeguk juga bisa merupakan indikasi dari hal lain yang perlu dikhawatirkan. Misalnya ketika Anda mendengar suara perut berdeguk disertai gas, sendawa, perut kembung, rasa sakit di perut, diare, atau sembelit.

Ilustrasi suara perut (shutterstock)
Ilustrasi suara perut (shutterstock)

Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh infeksi seperti gastroenteritis atau terlalu banyak minum. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah dan suara perut yang keras.

Kondisi itu bisa jadi merupakan irritable bowel syndrome (IBS) yang disebabkan oleh saraf, alergi atau makanan.

Bahkan, kondisi yang lebih serius lainnya juga bisa menyebabkan suara perut. Contohnya, suara akibat sesuatu yang menghalangi saluran makanan, seperti tumor atau benda asing.

Baca Juga: Rasakan Perut Kembung Hingga Sulit Menelan, Bisa Jadi Itu Tanda Kanker Lho

Jika Anda merasa terganggu dengan suara perut, Anda bisa minum banyak air untuk menyeimbangkan perut. Makan tinggi serat juga bisa membantu meningkatkan kesehatan usus.

Komentar