Jangan Dibuang, Kulit Jeruk Juga Ada Manfaat Sehatnya Lho!

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Jangan Dibuang, Kulit Jeruk Juga Ada Manfaat Sehatnya Lho!
Ilustrasi Kulit Jeruk yang ternyata bermanfaat. (Pixabay/Bluesnap)

Tapi sebenarnya, bolehkah kulit jeruk dikonsumsi? Apakah sama baiknya dengan isi jeruk?

Suara.com - Jangan Dibuang, Kulit Jeruk Juga Ada Manfaat Sehatnya Lho!

Jeruk merupakan buah terbaik yang mengandung vitamin C yang bisa menjaga daya tahan tubuh. Jadi bukan hal aneh jika buah ini terkenal di seluruh dunia, karena enak dan bermanfaat.

Cara paling lumrah untuk mengonsumsi jeruk ialah dibuang kulitnya. Tapi sebenarnya, bolehkah kulit jeruk dikonsumsi? Apakah sama baiknya dengan isi jeruk?

Mengutip Times of India, Jumat (13/12/2019) sama seperti buahnya, kulit jeruk juga mengandung beragam nutrisi vitamin C, serat dan senyawa polifenol. Seluruh nutrisi ini sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan dan kesehatan jantung.

Polifenola pada kulit jeruk juga bisa membantu mengelola dan mengendalikan diabetes pada beberapa kondisi kesehatan kronis, diabetes, dan alzheimer.

Fakta mengejutkan lainnya ialah mengonsumsi 1 sendok makan kulit jeruk atau sebanyak 6 gram, akan memberikan 14 persen dari total kebutuhan vitamin C tubuh. Ini artinya tiga kali lebih banyak daripada buah jeruk bagian dalam. Bahkan kulit punya empat kali lebih banyak serat dibanding buahnya.

Jeruk, salah satu buah yang biasa dihidangkan saat perayaan Imlek. (Shutterstock)
Ilustrasi buah jeruk. (Shutterstock)

Tak banyak yang tahu juga, jika kulit jeruk ampuh menurunkan berat badan. Ini efek kandungan serat yang banyak akan menimbulkan rasa kenyang. Belum lagi vitamin C bisa meningkatkan pembakaran lemak. Caranya, bisa membuat teh herbal dari kulit jeruk.

Lalu, yang terpikirkan bagaimana cara mengonsumsi kulit jeruk ini. Jika biasanya mengigit kulit dan memotong menjadi kecil. Bisa juga menambahkannya saat membuat salad, sup atau smoothie.

Cara menarik lainnya, kulit jeruk bisa dikeringkan lalu dibuat menjadi bubuk, kemudian ditambahkan ke kue, muffin atau yoghurt. Tapi jangan lupa nih, mencuci kulit jeruk hingga bersih lebih dulu sebelum diolah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS