Idap Bell's Palsy, Setengah Wajah Chan Peng Soon Lumpuh

Dany Garjito | Shevinna Putti Anggraeni
Idap Bell's Palsy, Setengah Wajah Chan Peng Soon Lumpuh
Chan Peng Soon menderita bell's palsy (Instagram/@pschan88)

Chan Peng Soon menderita bell's palsy yang membuat setengah wajahnya lumpuh.

Suara.com - Seorang atlet bulutangkis asal Malaysia, Chan Peng Soon menderita bell's palsy yang membuat setengah wajahnya lumpuh.

Awalnya, Chan Peng Soon memberi tahu tentang kondisi kesehatannya dengan mengunggah video di Instagram. Ia memberi tahu bahwa sisi kiri wajahnya mengalami kelumpuhan.

Chan Peng Soon mengaku sudah mengalami masalah tersebut sejak beberapa hari terakhir. Ia menyadarinya ketika tidak bisa bermain dengan baik di kompetisi Final Tur Dunia BWF di Cina.

"Aku tidak merasakan apapun di sisi kiri wajahku ketika berbicara sekarang ini. Setelah dari otot wajah saya tidak bisa dikontrol dan itu memengaruhi bicara saya," ujar Chan Peng Soon dikutip dari worldofbuzz.com.

Selain itu, penyakit yang diderita Chan Peng Soon juga memengaruhi mata kirinya. Chan Peng Soon tidak bisa menutup kelopak kirinya dengan benar.

Pasangan ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon / Goh Liu Ying [Suara.com/Arief Apriadi].
Pasangan ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon / Goh Liu Ying [Suara.com/Arief Apriadi].

Kondisi itulah yang membuat Chan Peng Soon tidak bisa maksimal ketika bertanding di lapangan. Sebab, butiran keringat akan masuk ke dalam mata kirinya yang tidak bisa ditutup.

"Aku tidak bisa menutup mata kiri, sehingga butiran keringat akan menetes ke mataku dan memengaruhi penglihatanku. Rasanya sangat tidak nyaman," ujarnya.

Meskipun sulit, Chan Peng Soon berusaha menerima kenyataan bahwa ia menderita Bell's Palsy. Chan Peng Soon pun mengaku akan menjalani perawatan dan mencari cara terbaik untuk pemulihannya.

Perlu Anda ketahui, bell's palsy adalah suatu kondisi di mana otot-otot di satu sisi wajah menjadi lemah atau lumpuh.

Biasanya penyakit ini hanya memengaruhi satu sisi wajah pada satu waktu. Lalu sisi lainnya akan terpengaruh dan wajah menjadi kaku.

Penyebab bell's palsy ini sendiri kerusakan pada saraf wajah yang bisa terjadi kepada siapa pun, baik wanita maupun pria.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS