Lelaki Tak Pernah Ejakulasi, Sperma di Buah Zakar Jadi Apa Ya?

M. Reza Sulaiman
Lelaki Tak Pernah Ejakulasi, Sperma di Buah Zakar Jadi Apa Ya?
ilustrasi sperma lelaki. (Shutterstock)

Nah, muncul pertanyaan, jika lelaki tak pernah bercinta, masturbasi, ataupun mimpi basah, sperma yang diproduksi akan jadi apa?

Suara.com - Lelaki Tak Pernah Ejakulasi, Sperma di Buah Zakar Jadi Apa Ya?

Ejakulasi merupakan proses pengeluaran cairan sperma yang dialami lelaki dengan berbagai carai. Tak harus dengan bercinta atau masturbasi, ejakulasi juga bisa terjadi saat lelaki mengalami mimpi basah.

Nah, muncul pertanyaan, jika lelaki tak pernah bercinta, masturbasi, ataupun mimpi basah, sperma yang diproduksi akan jadi apa?

Dilansir laman Medical News Today, sperma ternyata memiliki siklus produksi yang teratur. Rata-rata lelaki pada umumnya memproduksi jutaan sel sperma setiap harianya.

Ketika sperma sudah berkembang dan matang, mereka tersimpan di epididymis (kantong sperma) yang letaknya ada di buah zakar. Ketika lelaki ejakulasi, sperma-sperma tersebut akan keluar dan terdorong oleh air mani.

"Namun jika lelaki tak pernah ejakulasi, sperma-sperma ini akan dihancurkan dan diserap kembali oleh tubuh," tulis Medical News Today.

Sel sperma akan mati dalam beberapa menit ketika sudah keluar dari tubuh lelaki. Namun jika masuk ke tubuh perempuan, sel sperma bisa hidup hingga 3-5 hari sebelum akhirnya terbuang jika gagal melakukan pembuahan.

Lalu, apa saja kandungan yang terdapat pada air mani? Apakah hanya berisi sperma saja?

Rupanya, di dalam air mani juga mengandung fruktosa, hingga berbagai cairan enzim yang bertugas membantu sperma melakukan pembuahan.

Bank Sperma tawarkan program donor sperma mirip selebriti. [Shutterstock]
Sperma yang ditampung di dalam tabung. [Shutterstock]

Sperma adalah sel reproduksi lelaki yang mengandung setengah kromosom yang dibutuhkan untuk melakukan pembuahan dan membentuk zigot. Setengah kromosom lainnya terdapat di sel telur perempuan.

Tak perlu khawatir jika setiap hari kekentalan atau konsistensi air mani berubah-ubah karena hal ini sangat wajar. Kadang air mani bisa sangat pekat menyerupai gel, tapi bisa juga berwujud cair.

Ada berbagai faktor yang memengaruhi konsistensi air mani. Salah satunya adalah kadar air dalam tubuh. Semakin banyak lelaki mengonsumsi cairan, maka sifat air mani yang dihasilkan pun akan semakin encer.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS