Hadapi Virus Corona Covid-19, Singapura dan Malaysia Sepakat Kerja Sama

M. Reza Sulaiman
Hadapi Virus Corona Covid-19, Singapura dan Malaysia Sepakat Kerja Sama
Virus corona baru dari China (Covid-19) berpotensi mengancam kesehatan global. (Shutterstock)

Rencananya, akan ada kelompok kerja yang bertugas menanggulangi penyebaran virus Corona dari Wuhan, China ini.

Suara.com - Hadapi Virus Corona Covid-19, Singapura dan Malaysia Sepakat Kerja Sama

Merebaknya virus Corona Covid-19 di Malaysia dan Singapura membuat kedua negara sepakat bekerja sama. Rencananya, akan ada kelompok kerja yang bertugas menanggulangi penyebaran virus Corona dari Wuhan, China ini.

Kesepakatan itu dibuat melalui konferensi video antara Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong dan Menteri Kesehatan Malaysia Dzulkefly Ahmad.

"Sejak awal wabah, kedua negara telah berkomunikasi intens satu sama lain termasuk berbagi informasi mengenai kasus-kasus lintas perbatasan," ujar Yong, dilansir Anadolu Agency dari The Straits Times.

Di sisi lain, Dzulkefly mengatakan lewat konferensi pers di Putrajaya bahwa kedua negara berbagi informasi, mengingat ratusan orang bepergian setiap hari untuk alasan keluarga, bisnis, maupun liburan.

"Jadi semakin penting mengapa kita harus memperkuat dan meningkatkan kerja sama mengelola wabah virus korona ini," kata Dzulkefly.

Pejabat kesehatan senior kedua belah pihak akan bekerja selama beberapa hari ke depan, untuk menentukan komposisi dan kerangka acuan kelompok.

Virus corona baru dari China (2019-nCoV) berpotensi mengancam kesehatan global. (Shutterstock)
Virus corona baru dari China (Covid-19) berpotensi mengancam kesehatan global. (Shutterstock)

Singapura juga telah menunjuk Menteri Senior Negara untuk Transportasi dan Kesehatan Lam Pin Min sebagai ketua bersama.

Di Malaysia, ada 18 kasus virus Covid-19, sementara Singapura 47. Sebanyak 12 kasus Malaysia di antaranya terjadi pada warga negara China, sedang enam lainnya warga lokal.

Pasien pertama adalah turis China yang masuk ke Johor setelah melintasi Singapura. Sementara pasien lokal Malaysia pertama tertular setelah menghadiri konferensi di Singapura.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS