Waduh, Hampir 500 Ribu Warga China Pernah Kontak dengan Pasien Covid-19!

M. Reza Sulaiman
Waduh, Hampir 500 Ribu Warga China Pernah Kontak dengan Pasien Covid-19!
WHO resmi memberikan nama covid-19 untuk virus Corona baru dari Wuhan. (Shutterstock)

Laporan terbaru menyebut risiko penularan virus Corona Covid-19 di China meningkat, karena hampir setengah juta orang pernah melakukan kontak dengan pasien positif.

Suara.com - Waduh, Hampir 500 Ribu Warga China Pernah Kontak dengan Pasien Covid-19!

Tingkat keseriusan penanganan wabah virus Corona Covid-19 kembali meningkat, setelah pemerintah China merilis data orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif.

Dilansir VOA Indonesia, Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan hampir setengah juta penduduk China pernah berdekatan dengan orang-orang yang terinfeksi virus korona, yang berasal dari kota Wuhan.

Berdasarkan laporan Komisi Kesehatan dalam situs resminya, setidaknya 471.532 orang telah melakukan kontak dekat dengan pasien positif terinfeksi. Dari keseluruhan orang tersebutada 181.386 orang yang berada di bawah pengawasan medis karena dicurigai tertular virus Corona.

Angka itu menunjukkan bahwa penyakit pernapasan bernama COVID-19 ini, memiliki kemampuan besar untuk menyebar hingga lebih dari 65 ribu penderita yang telah dikonfirmasi China.

Komisi Kesehatan kini mulai menerbitkan Instruksi Harian tentang perkembangan terkini di China. Salah satunya, adalah penggunaan alat tes baru yang lebih sensitif.

Petugas kesehatan di Hubei kini menggunakan Computerized Tomography (CT) scan untuk memindai tanda-tanda virus itu. Sebelumnya, Hubei menggunakan tes RNA (Ribonucleic acid) untuk mengkonfirmasi infeksi yang bisa memakan waktu berhari-hari.

Sebelumnya diberitakan, laman Worldmeters.info memperlihatkan data real-time laporan virus Corona Covid-19 yang didapat. Hingga hari ini, Jumat (14/2/2020), sudah ada 65.247 orang terinfeksi virus Corona Covid-19, dengan 1.491 di antaranya meninggal dunia.

Novel Coronavirus (nCoV) alias virus corona yang sedang mewabah di China. (Shutterstock)
Novel Coronavirus (nCoV) alias virus corona yang sedang mewabah di China. (Shutterstock)

Penambahan pasien positif terbanyak masih terjadi di China, dengan digunakannya alat pendeteksi baru yang lebih sensitif. Hasilnya, jumlah positif virus Corona Covid-19 bertambah 4.854 dari hari sebelumnya.

Kabar baiknya, sudah ada 7.099 pasien yang sembuh dan keluar dari rumah sakit, termasuk 10 pasien di Jepang, 15 pasien di Singapura, dan 12 pasien di Thailand.

Sementara itu, Jepang melaporkan kematian perdana karena virus Corona Covid-19 di negaranya. Pasien merupakan perempuan berusia 80 tahun dan dirawat di rumah sakit.

Singapura, Hong Kong, dan Malaysia juga mengalami penambahan kasus, dengan masing-masing 8, 3, dan 1 kasus baru.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS