Rutin Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan Tulang, Ini Temuan Peneliti!

Yasinta Rahmawati, Shevinna Putti Anggraeni

Kamis, 27 Februari 2020 | 08:16 WIB
Rutin Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan Tulang, Ini Temuan Peneliti!
Ilustrasi kopi luwak. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Kopi termasuk minuman yang banyak disukai orang. Tetapi, banyak orang mengira kebiasaan minum kopi sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama penderita darah tinggi.

Padahal minum kopi tidak selalu buruk untuk kesehatan. Banyak orang minum kopi untuk membuat mereka lebih segar dan berenergi untuk menjalani aktivitas.

Bahkan penelitian baru yang dilansir oleh World of Buzz, minum kopi memiliki manfaat kesehatan tambahan yang memperkuat tulang Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Hong Kong telah meriset 564 orang dewasa di China dalam studi osteoporosis. Para ilmuwan ini membandingkan kepadatan mineral tulang peminum kopi dengan mereka yang tidak.

Hasilnya, para peneliti terkejut bahwa peminum kopi memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih kuat dibandingkan orang yang tidak pernah minum kopi.

Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)

Berdasarkan penelitian ini, mereka menemukan bahwa ada 3 molekul yang terkait dengan minum kopi dan kepadatan tulang. Tiga molekul ini termasuk quinasi, 3-hydroxypyridine sulfate dan trigonelline.

Meski begitu, penelitian ini masih menimbulkan keraguan karena baru dilakukan dalam ruang lingkup kecil dan hanya melibatkan orang-orang peminum kopi.

Manfaat kesehatan minum kopi hampir semuanya bersifat preventif. Namun, para ahli mengatakan bahwa hasilnya cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa kopi baik untuk kesehatan tulang.

"Bagi orang yang khawatir tentang efek kesehatan minum kopi, nampaknya ini merupakan hal baik. Karena minum kopi justru baik untuk kesehatan tulang," kata Chad Deal dari Cleveland Clinic.

baca juga

Sebelumnya, penelitian lain juga menunjukkan bahwa kopi bermanfaat untuk kesehatan. Sebuah studi National Institutes of Health 2012 pada lebih dari 400 ribu orang di Amerika, menyatakan mereka yang minum kopi memiliki risiko kematian lebih rendah.

Risiko kematian lebih rendah di antara mereka, termasuk disebabkan oleh penyakit tidak menular seperti jantung, stroke dan diabetes.

Studi yang melibatkan lebih dari 500 ribu orang Eropa tahun 2017 juga menyimpulkan hal sama. Orang yang minum 3 sampai 4 cangkir kopi sehari mungkin 19 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit jantung.

Tampaknya, kopi bisa membantu meningkatkan fungsi pembangkit tenaga sel dalam tubuh kita dan mencegah masalah kesehatan. Tapi, ini bukan berarti Anda hanya akan duduk menikmati kopi tanpa beraktivitas.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Kopi Susu vs Kopi Hitam, Mana yang Lebih Banyak Diminum Orang Indonesia?

Kopi Susu vs Kopi Hitam, Mana yang Lebih Banyak Diminum Orang Indonesia?

Lifestyle | Sabtu, 22 Februari 2020 | 14:43 WIB

Anak Sering Makan Malam Terlambat? Awas Bisa Picu Masalah Kesehatan Serius

Anak Sering Makan Malam Terlambat? Awas Bisa Picu Masalah Kesehatan Serius

Health | Sabtu, 22 Februari 2020 | 13:25 WIB

Bikin Minder, Ini 5 Penyebab Gusi Hitam

Bikin Minder, Ini 5 Penyebab Gusi Hitam

Health | Jum'at, 21 Februari 2020 | 15:00 WIB

Terkini

Proyek Mobil Listrik Nasional di Subang Akan Mulai Produksi di 2028

Proyek Mobil Listrik Nasional di Subang Akan Mulai Produksi di 2028

Otomotif | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:01 WIB

Momen Purbaya Cecar Direktur Kemenhub! Bongkar "Uang Gelap": Lo-Lo Bikin Rugi Devisa Rp 3 Triliun

Momen Purbaya Cecar Direktur Kemenhub! Bongkar "Uang Gelap": Lo-Lo Bikin Rugi Devisa Rp 3 Triliun

Video | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:00 WIB

Cicil Emas Lebih Mudah, BRI Hadirkan Layanan Pembiayaan Emas di BRImo

Cicil Emas Lebih Mudah, BRI Hadirkan Layanan Pembiayaan Emas di BRImo

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:55 WIB

Kata Pemprov DKI Soal JPO Viral Tanpa Tangga di Depan Gedung DPR RI

Kata Pemprov DKI Soal JPO Viral Tanpa Tangga di Depan Gedung DPR RI

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:54 WIB

Ratusan Pelajar SMA di Karo Diduga Keracunan MBG, Terungkap SPPG Milik Kodim

Ratusan Pelajar SMA di Karo Diduga Keracunan MBG, Terungkap SPPG Milik Kodim

Sumut | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:52 WIB

Lawan Arus di Rawa Buaya, Warga Minta Jalur Alternatif ke Duri Kosambi

Lawan Arus di Rawa Buaya, Warga Minta Jalur Alternatif ke Duri Kosambi

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:52 WIB

Getol Kritik Dampak Proyek PLTA, Solidaritas Perempuan Poso Sempat Digertak Pejabat Pemkab

Getol Kritik Dampak Proyek PLTA, Solidaritas Perempuan Poso Sempat Digertak Pejabat Pemkab

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:51 WIB

5 Rekomendasi Tinted Sunscreen untuk Flek Hitam sesuai Review dan Harga

5 Rekomendasi Tinted Sunscreen untuk Flek Hitam sesuai Review dan Harga

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:45 WIB

Pasca Putusan MK, DPR Titip Pemerintah Naikkan Gaji Guru dari Anggaran Pendidikan

Pasca Putusan MK, DPR Titip Pemerintah Naikkan Gaji Guru dari Anggaran Pendidikan

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:44 WIB

Buang Sampah ke TPS Liar Nagrak, 4 Perusahaan Terancam Sanksi Lebih Berat

Buang Sampah ke TPS Liar Nagrak, 4 Perusahaan Terancam Sanksi Lebih Berat

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 19:42 WIB

×