Demi Kekebalan Tubuh, Ini Anjuran Frekuensi Olahraga untuk Tangkal Corona

M. Reza Sulaiman | Shevinna Putti Anggraeni
Demi Kekebalan Tubuh, Ini Anjuran Frekuensi Olahraga untuk Tangkal Corona
Manfaat olahraga untuk kekebalan tubuh. (Shutterstock)

Olahraga bisa mencegah virus corona Covid-19, namunAnda wajib mengikuti anjuran pakar agar manfaatnya terasa.

Suara.com - Demi Kekebalan Tubuh, Ini Anjuran Frekuensi Olahraga untuk Tangkal Corona

Manfaat olahraga bukan sekadar bikin berkeringat. Pakar mengungkap, olahraga bermanfaat untuk kekebalan tubuh, dan bisa jadi salah satu cara untuk menangkal virus Corona Covid-19 yang tengah mewabah.

Olahraga bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan membantu mencegah diri terinfeksi virus corona Covid-19 secara efektif.

Tapi, Anda perlu mengetahui persis berapa banyak dan lamanya latihan fisik yang disarankan sebelum keluar lingkungan rumah untuk olahraga. Karena, olahraga terlalu berat dan lama atau tidak seimbang juga buruk bagi kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa olahraga bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Karena itu, latihan fisik rutin dalam intensitas sedang bisa memberikan efek positif dengan mengurangi kerentanan kita terhadap infeksi.

Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Di sisi lain, terlalu banyak olahraga juga bisa memberikan efek sebaliknya yaitu kita lebih rentan terhadap penyakit.

Secara khusus, tingkat olahraga yang benar bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan patogen penyebab penyakit.

"Olahraga teratur adalah cara terbaik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Karena olahraga membantu mendukung sirkulasi darah dengan baik. Kondisi ini memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh melakukan fungsinya dengan baik," kata Frankie Brogan, Ahli Nutrisi Senior di Pharma Nord UK dikutip dari The Sun.

Menurut sebuah penelitian dalam British Journal of Sprots Medicine, orang yang olahraga lima hari atau lebih dalam seminggu memiiki risiko 46 persen lebih kecil untuk terserang virus flu atau pernapasan. Berbeda dengan mereka yang hanya olahraga seminggu sekali atau tidak sama sekali.

Meski begitu, orang yang lebih bugar juga bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Tetapi, gejalanya tidak terlalu parah dan mereka akan sembuh lebih cepat.

Selanjutnya: Bahaya terlalu banyak olahraga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS