Cegah Kena Penyakit Ginjal Seperti Glenn Fredly, Ini Panduan dari Kemenkes

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Cegah Kena Penyakit Ginjal Seperti Glenn Fredly, Ini Panduan dari Kemenkes
Musisi Glenn Fredly meninggal dunia (kolase foto instagram @glennfredly309)

Selain penyakit meningitis, Glenn Fredly juga dikabarkan menderita penyakit ginjal sejak lama. Simak cara mencegahnya berikut ini.

Suara.com - Cegah Kena Penyakit Ginjal Seperti Glenn Fredly, Ini Panduan dari Kemenkes

Selain penyakit meningitis atau radang selaput otak, Glenn Fredly juga dikabarkan menderita penyakit ginjal sejak lama.

"Iya sempat sakit. Terakhir sih saya dengar ginjal ya, memang dari dulu mohon doanya," kata keponakan Glenn Fredly, Sabilsa Diara saat dihubungi, Rabu (8/4/2020).

Ginjal sendiri adalah organ penting dalam tubuh yang berfungsi menyaring racun dalam darah 120 hingga 150 liter per hari, menyumbangkan cairan tubuh, memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, dan mengaktifkan vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi.

Karena peran ginjal itulah, saat tidak berfungsi dengan baik, maka akan menganggu kerja tubuh. Jadi, sudah keharusan kita menjaga ginjal tetap sehat. Bagaimana caranya?

Mengutip panduan Kementerian Kesehatan RI, tentang penyakit ginjal kronis, menjaga ginjal tetap sehat bisa dilakukan dengan perilaku CERDIK. Bagaimana caranya?

Ilustrasi ginjal. (Shutterstock)
Ilustrasi ginjal. (Shutterstock)

Cek kesehatan secara rutin

Medical Check Up (MCU) tidak ada salahnya dilakukan pada usia sedini mungkin, khususnya bila usia sudah menginjak di atas 30 tahun. Apalagi jika Anda punya diabetes atau hipertensi yang bisa berisiko terkena sakit ginjal.

Enyahkan asap rokok

Seringkali kita dengar bagaimana rokok merusak kesehatan ginjal, dan ini benar adanya loh. Ini karena zat beracun pada rokok bisa menghambat aliran darah. Alhasil, jantung harus bekerja ekstra untuk memompa darah, dan terjadilah hipertensi.

Sedangkan hipertensi inilah yang paling sering menyebabkan sakit ginjal. Jadi yuk berhenti merokok sesegera mungkin.

Rajin melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga tidak hanya mrmbuat bahagia, tapi tubuh menjadi lebih bugar, dan bisa menjaga kesehatan ginjal. Nggak perlu yang intensitasnya terlalu tinggi kok.

Kamu bisa pilih olahraga yang kamu sukai, minimal selama 20 menit per hari. Bonusnya, kamu punya berat badan ideal deh, dan tetap sehat.

Ilustrasi diet sehat untuk lelaki. (Shutterstock)
Ilustrasi diet sehat untuk lelaki. (Shutterstock)

Diet sehat kalori seimbang

Memiliki diabetes atau kadar gula dalam darah bisa memicu rusak ya ginjal, jadi pastikan atur makananmu. Hindari makanan dengan kadar gula tinggi. Pola makan terbaik perbanyak makan sayur, buah, dan biji-bijian.

Istirahat cukup

Istirahat yang cukup akan membuat metabolisme bekerja normal dan sesuai fungsinya. Minimal tidur selama 8 jam per hari. Jangan terlalu sering memaksakan bergadang, jika merasa memiliki hutang tidur sebaiknya dicicil per jam setiap harinya.

Kelola stres

Pada dasarnya manusia hidup itu butuh stres agar hidup lebih termotivasi, tapi jang jadi masalah ada yang tidak bisa mengelolanya dengan baik. Sehingga memaksa tubuh secara berlebihan.

Alhasil pikiran yang terlalu dibebani akan merusak kinerja tubuh, termasuk merusak ginjal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS