Saat Ini Sehat Bugar, Menhub BKS Sempat 2 Kali Dinyatakan Positif Covid-19

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Saat Ini Sehat Bugar, Menhub BKS Sempat 2 Kali Dinyatakan Positif Covid-19
Bidik layar rekaman video Menhub Budi Karya Sumadi saat dirawat karena positif corona. (istimewa).

Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan sembuh dari Covid-19. Tapi 15 hari kemudian, hasil tes kembali dinyatakan positif.

Suara.com - Ada anggapan saat seseorang sembuh dari infeksi Covid-19, ia akan memiliki antibodi tertentu yang membuatnya kebal dari virus corona penyebab sakit Covid-19.

Namun anggapan tersebut dibantah oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  Menhub BKS, demikian sering dipanggil, mengisahkan pengalaman dua kali dinyatakan positif covid-19. Pada saat dinyatakan positif terinfeksi covid-19, BKS kemudian dirawat dan dinyatakan negatif. Kemudian diperiksa dua kali dan dinyatakan positif.  Padahal pada pemeriksaan sebelumnya dinyatakan negatif.

Ia bercerita, usai dinyatakan sembuh dengan bukti dua kali pemeriksaan hasilnya negatif Covid-19 dan dibolehkan pulang, Menhub Budi Karya kembali diperiksa dan dinyatakan positif Covid-19. Padahal ia sudah  15 hari berada di rumah.

"Masak saya di rumah saya sempat positif lagi, 15 hari setelah di rumah. Setelah itu dites lagi 2 kali negatif," ujar Menhub Budi Karya dalam diskusi di Instagram Live @tempodotco, Sabtu (16/5/2020).

Menhub Budi mengatakan setelah sembuh dari Covid-19, bukan berarti seseorang menjadi aman dan tidak akan terinfeksi kembali. Itulah mengapa ia berpesan agar setelah sembuh tetap menerapkan pola hidup sehat serta rajin mencuci tangan pakai sabun.

"Setelah sembuh memang harus pakai masker, taat cuci tangan di dalam rumah itu harus, saya yang sudah sembuh harus berhati-hati," imbuhnya.

Sebelumnya, Menhub Budi sempat 14 hari tidak sadarkan diri dan menggunakan alat bantu pernapasan ventilator karena terinfeksi Covid-19.

Setelah hari ke-18, ventilator di lepas. Sekitar lima hari setelah alat bantu pernafasan dilepas, Menhub Budi dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19.

"Setelah itu dipersilahkan pulang, sudah lewati masa kritis lewat 4 sampai 5 hari dinyatakan negatif, saya dinyatakan boleh pulang," tutup Budi Karya.

Penjelasan lebih lanjut disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati secara terpisah. Saat ini Menhub Budi Karya Sumadi dalam kondisi sehat  dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020. Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR  terakhir juga  membuktikan Menhub telah bebas Covid-19.

Adita menjelaskan, Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 14 Maret 2020 dan menjalani perawatan di RSPAD. Saat dirawat di RSPAD Menhub  menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negative. Namun 15 hari kemudian Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua. 

Sesuai dengan protocol kesehatan Covid-19, pasien dinyatakan bebas Covid-19 jika dua kali tes PCR hasilnya berturut-turut  negative.  "Menhub dinyatakan positif kembali, dimana  saat itu masih dalam perawatan dokter RSPAD. Pada tanggal 27 April 2020 Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya, Sp THT, Wakil Kepala RSPAD, " jelas Adita.

Catatan Redaksi (Update per 16 Mei 2020 pukul 17:52)
Artikel ini sebelumnya dimuat dengan judul 15 Hari Sembuh, Menhub Budi Karya Kembali Dinyatakan Positif Covid-19. Artikel mengalami perubahan judul menjadi Saat Ini Sehat Bugar, Menhub BKS Sempat Dua Kali Dinyatakan Positif Covid-19 karena judul pertama bisa salah tafsir. Menhub Budi Karya Sumadi saat ini sudah dalam kondisi sehat. Penjelasan ini sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab kami sesuai dengan Pedoman Pemberitaan Media Siber. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terima kasih.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS