Apa Itu Asfiksia, Kondisi yang Menyebabkan George Floyd Meninggal Dunia?

Risna Halidi
Apa Itu Asfiksia, Kondisi yang Menyebabkan George Floyd Meninggal Dunia?
George Floyd (Instagram/elseakoenreich)

Floyd dinyatakan tewas akibat asfiksia dan tidak memiliki kondisi medis mendasar yang berkontribusi dalam kematiannya. Lalu apa itu asfiksia?

Suara.com - Apa Itu Asfiksia, Kondisi yang Menyebabkan George Floyd Meninggal Dunia?

Dua dokter yang melakukan autopsi independen terhadap George Floyd, warga kulit hitam yang tewas saat digelandang polisi Minneapolis pekan lalu hingga menuai banyak protes, mengatakan pada Senin (1/6) bahwa Floyd tewas akibat asfiksia atau sesak nafas dan kematiannya merupakan pembunuhan.

Dilansir dari Antara, dokter juga menyebut Floyd tidak memiliki kondisi medis mendasar yang berkontribusi dalam kematiannya.

Hal itu bertentangan dengan temuan awal autopsi resmi oleh Hennepin County Medical Examiner, yang menyebutkan tidak ada bukti pencekikan "traumatis" dan menurutnya, penyakit arteri koroner dan darah tinggi sepertinya berkontribusi pada kematian Floyd. Laporan autopsi penuh dari daerah setempat belum dirilis.

"Bukti tersebut konsisten dengan asfiksia mekanikal sebagai penyebab kematian dan pembunuhan sebagai cara kematian," kata Dr. Allecia Wilson, salah satu dari dua dokter yang melakukan autopsi independen, yang sekaligus direktur dinas forensik dan autopsi di Universitas Michigan.

Lalu, apa itu asfiksia?

Asfiksia merupakan kondisi di mana seseorang kekurangan oksigen dengan ditandai masalah seperti kulit membiru, sesak nafas, detak jantung dan otot yang melemah.

Pada kasus Floyd, asfiksia yang terjadi dikaitkan dengan tekanan lutut ke leher Floyd hingga akhirnya ia kesulitan bernafas.

Di sisi lain, Dr. Michael Baden, yang juga terlibat dalam autopsi atas perintah keluarga Flyod, menyebutkan dirinya sepakat dengan temuan Wilson dan bahwa kematian itu merupakan pembunuhan.

Bukan hanya lutut ke leher Floyd yang menyebabkannya tewas, kata Baden, tetapi juga tekanan ke punggung Floyd yang dilakukan dua petugas lainnya, yang menghentikan aliran oksigen ke paru-paru Floyd.

Asfiksia sendiri menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi bayi baru lahir yang gagal nafas secara spontan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS