Bisa Muncul 70 Hari Usai Paparan, Kenali Penyakit Listeria dan Gejalanya

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Bisa Muncul 70 Hari Usai Paparan, Kenali Penyakit Listeria dan Gejalanya
Jamur enoki. (Shutterstock)

Gejala listeria yang belum lama ini dikaitkan dengan jamur enoki bisa muncul 70 hari setelah paparan, begini kata CDC.

Suara.com - Kementerian Pertanian melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan menyebutkan, bahwa pihaknya telah memusnahkan jamur enoki di dalam negeri karena terkait dengan bakteri listeria.

"Dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung listeria," ujar Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ir. Yasid Taufik MM dalam seminar webinar, Rabu (24/6/2020).

Listeria sendiri adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri dan membuat makanan menjadi beracun. Ini dipicu oleh bakteri listeria yang dapat hidup di tanah, air, debu, kotoran hewan dan zat lainnya. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, Listeria paling berisiko terhadap ibu hamil dan bayi mereka, orang dewasa berusia 65 atau lebih dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Sedangkan orang sehat dapat terinfeksi Listeria, tetapi jarang mengembangkan sakit parah.

Jamur Enoki. (Shutterstock)
Jamur Enoki. (Shutterstock)

Dilansir dari CDC, Listeria sendiri bisa menyebabkan gejala yang berbeda, tergantung pada orang yang terpapar.

Pada perempuan hamil, listeria bisa menampakkan gejala demam dan gejala mirip flu lainnya, seperti kelelahan dan nyeri otot. Namun, infeksi selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, kelahiran prematur atau infeksi yang mengancam jiwa pada bayi baru lahir.

Sementara gejala pada orang yang tidak sedang hamil bisa berupa sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, kejang-kejang, demam, dan nyeri otot.

Gejala Listeria biasanya mulai 1 hingga 4 minggu setelah makan makanan yang terkontaminasi dengan Listeria. Beberapa orang telah melaporkan gejala mulai paling lambat 70 hari setelah paparan atau bisa saja di hari yang sama dengan paparan.

Listeria adalah penyebab utama kematian ketiga dari penyakit bawaan makanan atau keracunan makanan di Amerika Serikat. Diperkirakan 1.600 orang sakit dan sekitar 260 orang meninggal karena Listeria setiap tahunnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS