China Klaim Obat Tradisional Bisa Bantu Penanganan Pasien Covid-19

Bimo Aria Fundrika
China Klaim Obat Tradisional Bisa Bantu Penanganan Pasien Covid-19
Ilustrasi obat tradisional China (Shutterstock)

Pemerintah China baru-baru ini menerbitkan buku putih yang menunjukkan bahwa TCM membantu mengobati 92 persen kasus Covid-19 di seluruh negeri.

Suara.com - Saat para peneliti di dunia tengah mencari obat potensial untuk virus corona atau Covid-19, Pemerintah China justru menggunakan pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) untuk menangani virus tersebut.

Dilansir dari Medical Daily, Pemerintah China baru-baru ini menerbitkan buku putih yang menunjukkan bahwa TCM membantu mengobati 92 persen kasus Covid-19 di seluruh negeri. Beijing mengatakan enam obat tradisional dapat berfungsi sebagai perawatan virus corona.

Daftar itu termasuk Jinhua Qinggan yang dibuat selama wabah H1N1 2009. Ini berisi 12 komponen, seperti honeysuckle, mint dan liquorice.

Pengobatan tradisional China atau TCM (Freepik)
Pengobatan tradisional China atau TCM (Freepik)

TCM populer lainnya yang digunakan sebagai pengobatan Covid-19 di Cina adalah Lianhua Qingwen. Itu terbuat dari 13 herbal termasuk forsythia suspense dan rhodiola rose.

Karena negara ini terus mencatat kasus Covid-19 yang baru, permintaan untuk TCM juga meningkat. Hingga kini, dunia belum mendapatkan pengobatan yang teruji dan efektif untuk infeksi coronavirus.

Itulah sebabnya China berharap membawa TCM ke negara lain yang sangat terpengaruh oleh pandemi ini.

"Kami bersedia berbagi 'pengalaman Tiongkok' dan 'solusi Tiongkok' dalam mengobati Covid-19, dan membiarkan lebih banyak negara mengenal pengobatan Tiongkok, memahami pengobatan Tiongkok, dan menggunakan pengobatan Tiongkok," kata Yu Yanhong, wakil kepala National China Administrasi Pengobatan Cina Tradisional, pada Maret lalu.

Namun, para ahli kesehatan telah mengangkat keprihatinan tentang keamanan obat-obatan tradisional. Institut Kesehatan Nasional AS bahkan mengatakan bahwa efektivitas keseluruhan TCM terhadap coronavirus tidak dapat disimpulkan.

"Untuk TCM tidak ada bukti yang baik dan oleh karena itu penggunaannya tidak hanya tidak dapat dibenarkan, tetapi juga berbahaya," kata Edzard Ernst, seorang pensiunan peneliti obat komplementer di Inggris, mengatakan dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS