Sering Kentut di Malam Hari? Ketahui Ragam Penyebabnya Berikut Ini

M. Reza Sulaiman | Frieda Isyana Putri
Sering Kentut di Malam Hari? Ketahui Ragam Penyebabnya Berikut Ini
Penyebab kentut di malam hari. (Shutterstock)

Kentut di malam hari bisa menjadi hal yang mengganggu Anda saat ingin istirahat.

Suara.com - Saat Anda ingin tidur di malam hari, tiba-tiba terganggu dengan perut yang sedikit kembung dan berujung kentut. Apa ya penyebabnya?

Dikutip dari Times of India, hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi pada banyak orang. Ada tiga alasan yang menjadi penyebabnya dan mudah untuk diatasi.

Alasan pertama adalah penumpukan gas yang disebabkan oleh makan malam sebelum tidur. Penumpukan gas adalah prosedur yang normal dalam tubuh.

Bakteri yang sehat yang hidup di dalam saluran cerna kita membantu kita mencerna makanan dan juga memproduksi gas dalam sistem pencernaan kita.

Beberapa gas diserap oleh bakteri dan yang lainnya disingkirkan dari tubuh melalui kentut dan sendawa. Proses pembentukan gas semakin tinggi terutama setelah makan berat.

Sehingga apabila Anda makan lebih banyak saat makan malam, kemungkinan besar Anda akan merasakan kembung dan sering kentut di malam hari menjelang tidur.

Alasan kedua, meskipun Anda makan sedikit saat malam hari, penumpukan gas seharian bisa membuat Anda sering kentut sepanjang malam.

Ilustrasi penyebab kentut. (Shutterstock)
Ilustrasi penyebab kentut. (Shutterstock)

Usus yang sehat membutuhkan kira-kira enam jam untuk mencerna makanan secara sempurna. Sehingga Anda mungkin masih merasa kembung karena apa yang Anda makan dalam enam jam sebelumnya, termasuk makan siang Anda.

Alasan ketiga disebabkan oleh makanan tinggi serat, sebab dibutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya dan bisa membuat Anda sering kentut. Kacang-kacangan, polong-polongan, buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh adalah beberapa contohnya.

Makanan-makanan tersebut memang menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat, namun juga tubuh kita tidak bisa mencerna serat lebih cepat dan kita mengandalkan bakteri usus untuk melakukannya.

Bagaimana apabila hal ini terjadi pada Anda? Ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi ini dan membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak malam ini, antara lain:

  1. Berjalan selama 20 menit sebelum tidur, jangan mengalah pada rasa kantuk yang terasa setelah makan malam. Agar tidur lebih nyenyak, berjalan kakilah selama 20 menit setelah makan malam.
  2. Minum banyak air, sebab minum air yang lebih sedikit seharian bisa memperburuk perut kembung di malam hari. Oleh karena itu minumlah cukup cairan untuk mempermulus pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi yang lebih baik.
  3. Beri jarak pada waktu makan. Jangan beri jarak terlalu berlebihan atau terlalu lama, penumpukan gas bisa meningkatkan di sistem pencernaan. Makan atau cari camilan sehat di antara waktu makan untuk mencegah hal tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS