Perawatan Laser Pena untuk Bintik Hitam di Wajah, Dokter Ungkap Bahayanya

Silfa Humairah Utami | Shevinna Putti Anggraeni
Perawatan Laser Pena untuk Bintik Hitam di Wajah, Dokter Ungkap Bahayanya
Ilustrasi perempuan bercermin (shutterstock)

Masa isolasi akibat pandemi virus corona tingkatkan penggunaan laser pena untuk menghilangkan bintik hitam di wajah.

Suara.com - Penggunaan internet meningkat selama masa isolasi mandiri akibat virus corona Covid-19. Hal ini menyebabkan tingginya permintaan atau pembelian laser pena untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

Para ahli dermatologi pun memeringatkan penggunaan laser pena untuk perawatan menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah di rumah.

Alat kecantikan ini menggunakan panas atau arus listrik untuk memecagh tanda-tanda gelap pada kulit. Para ahli pun memeringatkan bahwa alat itu bisa menyebabkan luka bakar, jaringan parut dan pigmentasi lebih lanjut.

Selain itu, alat itu juga mengakibatkan individu secara tidak sengaja menghilangkan tanda-tanda melanoma, yang mungkin kanker tubuh di bawah kulit atau menyebar ke kelenjar getah bening dan organ tubuh lain yang tak terdeteksi.

"Jika Anda menggunakan alat ini untuk menyamarkan tahi lalat atau bintik hitam lainnya, bisa jadi bintik hitam itu tanda melanoma yang bisa menyebabkan bekas luka atau reaksi lain pada kulit," kata Dr Bav Shergill dari British Association of Dermatologists dikutip dari Telegraph.

Ilustrasi perempuan bercermin (shutterstock)
Ilustrasi perempuan bercermin (shutterstock)

Pada kemudian hari, tanda melanoma itu mungkin telah menyebar dan sel-sel kanker di bawah kulit masih ada. Hal itulah yang akan menyebabkan masalah lebih besar.

Menurut Dr Bav Shergill, dokter kulit di seluruh negeri telah mengamati risiko kesehatan dari penggunaan pena laser untuk menghapus bintik-bintik hitam sejak lama. Tapi, penggunaannya semakin meningkat belakangan ini.

Karena, orang akan lebih banyak mengaca dan melihat dirinya sendiri ketika menggunaan zoom atau video call bersama rekan kerja. Sehingga orang akan lebih memerhatikan tampilan wajahnya dan menyadari adanya bintik-bintik hitam.

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan perawatan laser ini untuk menghilangkan bintik hitam. Tetapi, tindakan itu hanya boleh dilakukan oleh profesional medis atau dokter kulit.

Sehingga perawatan laser untuk menghilangkan bintik hitam di wajah tidak menyebabkan efek samping berbahaya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS