Kadar Bilirubin Anak Kelima Zaskia Adya Mecca Tinggi, Apa Maksudnya?

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Kadar Bilirubin Anak Kelima Zaskia Adya Mecca Tinggi, Apa Maksudnya?
Zaskia Adya Mecca melahirkan anak kelima. [Instagram]

Zaskia Adya Mecca baru-baru ini melahirkan anak kelima yang mengalami masalah pernapasan, sekaligus kadar bilirubin yang tinggi.

Suara.com - Zaskia Adya Mecca telah melahirkan anak kelima berjenis kelamin laki-laki pada Jumat (3/7/2020) pukul 06.11 WIB. Anak kelima Hanung Bramantyo ini bernama Bhaj Kama Bramantyo.

Anak kelima Zaskia Adya Mecca yang dilahirkan secara caesar pun sempat mengalami masalah pernapasan. Selain itu, Kama juga harus disinar karena kadar bilirubinnya yang tinggi.

"Lagi sedih karena harus disinar bilirubinnya tinggi," curhat Zaskia Adya Mecca melalui Instagram.

Bilirubin terbentuk oleh pemecahan sel darah merah di dalam tubuh. Kemudian dilansir dari Medical News Today, bilirubin berjalan ke hati dan disimpan dalam aluran empedu.

Tubuh akhirnya mengeluarkan bilirubin dalam tinja. Karena, bilirubin berwarna coklat dan kuning, maka pigmen itulah yang membuat feses berwarna coklat.

Anak kelima Zaskia Adya Mecca (Instagram/@zaskiaadyamecca)
Anak kelima Zaskia Adya Mecca (Instagram/@zaskiaadyamecca)

Sebenarnya, sel darah merah memiliki umur sekitar 120 hari dan terus diperbarui. Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang membantu mengangkat oksigen ke seluruh tubuh dan dipecah menjadi bilirubin serta zat lain.

Bilirubin dibawa ke hati oleh albumin, protein sederhana. Begitu sampai di hati, bilirubin menjadi terkonjugasi, yang artinya bisa diekskresikan.

Tapi, bilirubin yang tak terkonjugasi adalah racun. Bahkan bilirubin yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan penyakit kuning.

Tingkat bilirubin yang tinggi dalam darah dikenal sebagai hiperbilirubinemia. Penyakit kuning membuat kulit dan bagian putih mata bisa berubah warna menjadi kuning.

Umumnya, kadar bilirubin yang tinggi bisa terjadi pada orang dewasa. Tetapi, kelainan ini lebih sering terjadi pada bayi baru lahir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS