Ahli: Kekebalan pada Virus Corona Cuma Sebentar dan Terbatas Beberapa Orang

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Ahli: Kekebalan pada Virus Corona Cuma Sebentar dan Terbatas Beberapa Orang
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@cottonbro)

Seorang imunolog memperingatkan untuk tidak terlalu berharap atau mengandalkan imun tubuh dalam menghadapi virus corona.

Suara.com - Seorang ahli imunologi Inggris, memperingatkan bahwa kekebalan terhadap virus corona bisa berumur pendek. Ia menyarankan agar individu tidak boleh hanya mengandalkan imun tubuh untuk mengatasinya.

Dilansir dari Fox News, Danny Altmann seorang profesor imunologi di Imperial College London, mengatakan kepada CNBC bahwa hanya 10 hingga 15 persen populasi kota besar yang kebal terhadap Covid-19.

"Dan kekebalan terhadap virus ini terlihat agak rapuh, sepertinya beberapa orang mungkin memiliki antibodi selama beberapa bulan dan kemudian akan berkurang (kekebalannya), jadi itu bukan hal yang aman," kata Altman pada Senin (6/7/2020).
 
"Ini virus yang sangat menipu dan kekebalan terhadapnya sangat membingungkan dan berumur pendek," tambahanya. 

Altman juga memeringatkan bahwa gelombang infeksi kedua masih mungkin terjadi.

Menurutnya, virus muncul sangat detail sehingga vaksin menjadi tidak mudah untuk dibuat. 

“Ada lebih dari 100 vaksin yang dalam uji coba saat ini dan banyak hal bisa salah di sepanjang jalan. Saya sendiri tidak mengharapkan apapun,” kata Altman.

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Menurut catatan Universitas Johns Hopkins, pada Senin (6/7/2020), lebih dari 11,5 juta orang telah dinyatakan positif dan lebih dari 535.400 telah meninggal.

Altmann mengatakan kepada anggota parlemen, bahwa perlu menemukan keseimbangan antara melindungi individu dan mencegah kejatuhan ekonomi. Namun, dia mengingatkan tujuan utamanya adalah mencegah lebih banyak infeksi baru untuk mencegah kejatuhan ekonomi.

"Kita perlu terus dipimpin oleh sains, obat-obatan,dan melakukan hal yang benar," kata Altman.

"Dan melakukan hal yang benar di sini maksunya adalah mengupayakan segala yang dapat Anda lakukan untuk memblokir transmisi," imbuhnya. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS