Betulkah Bakteri Penyebab Gonore Tak Tahan Suhu Panas?

Risna Halidi
Betulkah Bakteri Penyebab Gonore Tak Tahan Suhu Panas?
Ilustrasi gonore (Shutterstock)

Bakteri neisseria gonorrhoeae dapat merusak selaput lendir, saluran kemih, tenggorokan (melakukan kontak seksual oral), saluran reproduksi hingga saluran dubur.

Suara.com - Bakteri Neisseria Gonorrhoeae penyebab sakit Gonore (GO) ternyata bisa mati ketika terkena suhu di atas 39 derajat Celcius.

Hal tersebut diungkapkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, Anthony Handoko.

"Kuman GO tidak tahan panas, di atas suhu 39 derajat Celcius kumannya mati," kata Anthony Handoko dalam virtual media briefing seperti yang Suara.com kutip di Antara, Rabu (5/8/2020).

Selain suhu, bakteri ini juga tak tahan dengan udara bebas dan kering serta lokasi selain selaput lendir yang menjadi tempatnya hidup.

Baca Juga: Hati-Hati, Banyak Makan Cokelat Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Usus

Namun, bila seseorang tak sengaja terkena nanah akibat bakteri GO lalu melakukan kontak seksual dengan pasangan, maka ia berisiko menularkan bakteri tersebut pada pasangannya.

Bakteri Neisseria Gonorrhoeae sendiri memiliki potensi merusak selaput lendir, saluran kemih, tenggorokan (melakukan kontak seksual oral), saluran reproduksi hingga saluran dubur.

Bakteri ini memiliki masa inkubasi singkat yakni dua sampai lima hari.

Gonore (GO) menular dari orang ke orang ketika melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi atau melakukan kontak dengan cairan tubuh mereka, baik secara vaginal maupun anal.

"Kontak itu tidak selalu harus penetrasi, saat Anda melakukan kontak seksual misalnya menempel (antar organ intim) tidak ada penetrasi penis ke vagina, saat penis keluarkan nanah, bisa (menularkan bakteri ke pasangan)," kata Anthony.

Baca Juga: Tak Melulu Soal Penyakit, Ini 5 Kebiasaan Pemicu Bau Mulut

Anthony yang juga CEO Klinik Pramudia itu mengatakan, tanda atau gejala yang bisa dikenali yakni keluarnya nanah dari organ genital dan muncul rasa sakit saat berkemih. Gejala ini biasanya lebih sering dialami pria ketimbang wanita.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS