Hati-Hati, Banyak Makan Cokelat Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Usus

Yasinta Rahmawati, Shevinna Putti Anggraeni

Selasa, 04 Agustus 2020 | 16:18 WIB
Hati-Hati, Banyak Makan Cokelat Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Usus
Ilustrasi Cokelat (Pixabay/AlexanderStein)

Suara.com - Makan cokelat memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi, terlalu banyak makan cokelat disebut bisa meningkatkan risiko kanker usus.

Karena, makanan kaya antioksidan seperti cokelat dan kacang-kacangan akan berinteraksi dengan bakteri usus. Sebuah protein yang biasanya melindungi tubuh dari kanker yang akan memicu penyakit kronis.

Para peneliti pun telah melakukan riset pada tikus dengan memasukkan protein yang bermutasi ke dalam usus besar. Kondisi itu membuat kanker mereka jauh lebih buruk.

Tapi, protein yang dimasukkan ke usus halus berubah menjadi "super-penekan". Tim peneliti dari Universitas Ibrani Israel di Yerusalem mengatakan hal itu bisa terjadi karena sebagian besar kanker saluran pencernaan dimulai dari usus besar.

Para ilmuwan dari Hebrew University di Yerusalem juga mengemukakan temuan itu sambil menyelidiki hal yang membuat kanker usus besar sebagai penyebab utama kematian.

Ilustrasi usus, kanker usus (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus, kanker usus (Pixabay/Elionas2)

Tim penelitian yang dipimpin oleh Profesor Yinon Ben-Neriah menemukan bahwa mutasi kanker di area tubuh tertentu, termasuk usus, bisa membantu melawan kanker.

Tetapi dilansir dari Times of Israel, metabolisme tingkat tinggi seperti yang ditemukan dalam makanan kaya antioksidan meningkatkan pertumbuhan kanker usus.

Sekitar 2 persen kanker gastrointestinal terjadi di usus kecil dan 98 persen di usus besar yang mengandung bakteri usus tingkat tinggi.

Para peneliti memfokuskan pada gen TP53, yang ditemukan di setiap sel dan menghasilkan protein yang disebut p53. Hasilnya, protein menekan mutasi genetik yang dapat menyebabkan kanker. Tapi ketika p53 rusak, gen itu bisa mendukung pertumbuhan tumor.

baca juga

"Kami terpesona dengan apa yang kami lihat. Bakteri usus memiliki efek Jekyll dan Hyde pada protein p53 bermutasi. Di usus kecil, mereka benar-benar beralih arah dan menyerang sel-sel kanker. Sedangkan usus besar mempromosikan pertumbuhan kanker," jelas Ben-Neriah.

Kemudian, para peneliti menggunakan antibiotik untuk membunuh organisme lain di usus besar. Langkah ini sekaligus untuk menguji flora usus bisa memainkan peran utama dalam proses tersebut atau tidak setelah membunuh bakteri, p53 di usus besar tidak mempercepat pertumbuhan kanker.

Sebuah analisis menunjukkan bahwa bakteri tersebut memproduksi metabolit atau antioksidan yang membantu pertumbuhan kanker saat ilmuwan memberi tikus makanan yang kaya akan antioksidan, flora usus.

Para peneliti mengatakan bahwa orang yang berisiko terkena kanker kolorektal dapat menyaring flora usus mereka dan memantau makanan mereka, teruatama makanan kaya antioksidan.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Alami Gejala Virus Corona Covid-19, Ternyata Remaja Ini Idap Kanker!

Alami Gejala Virus Corona Covid-19, Ternyata Remaja Ini Idap Kanker!

Health | Minggu, 02 Agustus 2020 | 09:29 WIB

Dua Manfaat Penting Cokelat, Jauhkan Stres dan Tingkatkan Libido

Dua Manfaat Penting Cokelat, Jauhkan Stres dan Tingkatkan Libido

Health | Kamis, 30 Juli 2020 | 16:52 WIB

Idap Penyakit Langka, Feses Wanita Ini Berwarna Perak!

Idap Penyakit Langka, Feses Wanita Ini Berwarna Perak!

Health | Minggu, 26 Juli 2020 | 11:38 WIB

Terkini

KPK Tahan 4 Tersangka Korupsi Dana Iklan Bank BJB, Kerugian Negara Rp223,6 Miliar

KPK Tahan 4 Tersangka Korupsi Dana Iklan Bank BJB, Kerugian Negara Rp223,6 Miliar

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:13 WIB

Mengenal Spesifikasi Isuzu New mu-X SUV Tangguh yang Siap Melibas Berbagai Medan

Mengenal Spesifikasi Isuzu New mu-X SUV Tangguh yang Siap Melibas Berbagai Medan

Otomotif | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:10 WIB

Bukan Cuma Gizi, Ini 4 Fondasi Utama Tumbuh Kembang Anak di 1.000 Hari Pertama

Bukan Cuma Gizi, Ini 4 Fondasi Utama Tumbuh Kembang Anak di 1.000 Hari Pertama

Health | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:07 WIB

Olahraga Jadi Cara Pelaku Industri Panas Bumi Bangun Koneksi

Olahraga Jadi Cara Pelaku Industri Panas Bumi Bangun Koneksi

Lifestyle | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:06 WIB

Jaga Pasokan Energi Subsidi, Pengurus Hiswana Migas DPC Bogor Temui Ketua DPRD Kota Bogor

Jaga Pasokan Energi Subsidi, Pengurus Hiswana Migas DPC Bogor Temui Ketua DPRD Kota Bogor

Bogor | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:05 WIB

Pemadaman Kebakaran Hutan di Palangka Raya Terkendala Minimnya Sumber Air

Pemadaman Kebakaran Hutan di Palangka Raya Terkendala Minimnya Sumber Air

Video | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:05 WIB

Satelit AI Lampung-1 Meluncur dari China, Canggih Tapi Berisiko Data Leak?

Satelit AI Lampung-1 Meluncur dari China, Canggih Tapi Berisiko Data Leak?

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:04 WIB

336 Ribu Berebut 5.500 Kuota HUT RI di Istana, Warga yang Belum Pernah Hadir Diprioritaskan

336 Ribu Berebut 5.500 Kuota HUT RI di Istana, Warga yang Belum Pernah Hadir Diprioritaskan

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 20:59 WIB

Utamakan Hak Pendidikan Anak, Farhan Nekat Ambil Keputusan Berat Soal Pembangunan SDN 026

Utamakan Hak Pendidikan Anak, Farhan Nekat Ambil Keputusan Berat Soal Pembangunan SDN 026

Jabar | Senin, 10 Agustus 2026 | 20:58 WIB

Pelajar Tertabrak Commuter Line, Perjalanan KA Lintas Rangkasbitung Sempat Terganggu

Pelajar Tertabrak Commuter Line, Perjalanan KA Lintas Rangkasbitung Sempat Terganggu

Banten | Senin, 10 Agustus 2026 | 20:52 WIB

×