facebook

Belajar dari Ifan Seventeen, Ini Cara Bersihkan Kotoran Telinga yang Benar!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Belajar dari Ifan Seventeen, Ini Cara Bersihkan Kotoran Telinga yang Benar!
Ifan Seventeen [Suara.com/Evi]

Ifam Seventeen mengalami infeksi akibat menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Suara.com - Para dokter dan pakar kesehatan lain sudah memperingatkan bahwa membersihkan telinga menggunakan cotton bud dapat menyebabkan infeksi telinga.

Inilah yang dialami oleh Riefian Fajarsyah, atau yang lebih akrab disapa Ifan Seventeen. Hal ini diungkapkannya dalam unggahan Instagram pada Minggu (23/8/2020).

"Ternyata membersihkan telinga dengan cotton bud itu sangat tidak dianjurkan oleh para dokter. Terutama untuk orang-orang yang memiliki kulit telinga sensitif sepertiku, karena sangat gampang berakibat peradangan dan itu sakit banget," tulis Ifan.

Bahkan, ia sempat mengalami demam tinggi akibat infeksi telinga itu.

Baca Juga: Jangan Abaikan Sakit Telinga, itu Bisa Jadi Gejala Kanker Lidah

Tidak ingin orang lain mengalami hal yang sama, Ifan pun memberi tahu cara membersihkan telinga yang direkomendasikan dokter.

Unggahan Ifan Seventeen [Instagram/@ifanseventeen]
Unggahan Ifan Seventeen [Instagram/@ifanseventeen]

"Cukup dengan mengelap bagian telinga luar memakai tisu sehabis mandi, atau kalau mau memakai cotton bud hanya bagian luarannya saja," sambungnya.

Laman Healthy Hearing juga memperingatkan bahwa seharusnya tidak ada benda asing yang dimasukkan ke telinga, meski hanya untuk menghilangkan kotoran.

Cara membersihkannya pun harus diperhatikan. Telinga luar, atau pinna, dapat dibersihkan menggunakan sedikit sabun, air, dan waslap saat mandi. Dan bersihkanlah secara lembut.

Dalam kebanyakan kasus, saluran telinga (telinga bagian dalam) tidak perlu dibersihkan. Selama keramas atau mandi, air yang masuk ke saluran telinga cukup untuk melonggarkan kotoran yang menumpuk.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 4 Fakta Tak Terduga dari Kotoran Telinga

Ilustrasi perempuan menggunakan cotton bud. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan menggunakan cotton bud. (Shutterstock)

Selain itu, kulit di saluran telinga tumbuh secara alami dalam pola spiral luar. Saat mengelupas, kotoran telinga ikut menyertainya.

Biasanya lilin akan mengendur dan lepas dengan sendirinya saat tidur.

Kapan harus ke dokter untuk membersihkan kotoran telinga?

Kotoran yang sudah menumpuk dapat dibersihkan oleh dokter. Mereka akan menggunakan sedikit peroksida yang dicampur air dan disuntikkan ke dalam telinga.

Proses ini hampir tidak menimbulkan rasa sakit dan efektif untuk menghilangkan kotoran di dalam.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar