alexametrics

Mudah dan Cepat, Pahami Pola Penularan Norovirus

Bimo Aria Fundrika
Mudah dan Cepat, Pahami Pola Penularan Norovirus
Ilustrasi Norovirus. (Shutterstock)

Anda bisa tertular norovirus dengan tidak sengaja memasukkan partikel kecil kotoran atau muntahan dari orang yang terinfeksi ke dalam mulut Anda.

Suara.com - Kasus Norovirus yang ditemukan di China, menimbulkan kekhawatiran bahwa penyakit itu akan menyebar ke seluruh dunia. Terlebih, norovirus termasuk penyakit yang dapat dengan mudah menyebar dan menular.

Tapi sebenarnya hal itu bisa dihindari jika sejak awal paham pola penularannya. Dilansir dari situs Centers for Disease Control dan Prevention (CDC) Amerika Serikat, Anda bisa tertular norovirus dengan tidak sengaja memasukkan partikel kecil kotoran atau muntahan dari orang yang terinfeksi ke dalam mulut Anda.

Norovirus dapat dengan mudah mencemari makanan dan air karena hanya dibutuhkan sejumlah kecil partikel virus untuk membuat Anda sakit.

Penularan juga bisa terjadi saat makanan dan air yang terkontaminasi norovirus dengan berbagai cara, termasuk ketika orang yang terinfeksi menyentuh makanan dengan tangan kosong yang terdapat partikel kotoran atau muntahan di atasnya.

Baca Juga: Perbedaan Norovirus dengan Virus Corona

Selain itu, makanan yang diletakkan di atas meja atau permukaan yang memiliki partikel kotoran atau muntahan di atasnya juga bisa berisiko terjadi penularan.

Kemudian, tetesan kecil muntahan dari orang yang terinfeksi menyembur ke udara dan mendarat di makanan juga mesti kamu waspadai. Hal itu juga menjadi risiko penularan.

Dalam hal makanan yang ditanam atau dipanen dengan air yang terkontaminasi, seperti tiram yang dipanen dari air yang terkontaminasi, atau buah dan sayuran yang diairi dengan air yang terkontaminasi di lapangan juga bisa berisiko.

Untuk itu penting untuk selalu memperhatikan risiko penularan di atas.

Sebagai informasi, sebagian besar wabah ini terjadi di pengaturan layanan makanan seperti restoran. Pekerja makanan yang terinfeksi seringkali menjadi sumber wabah, seringkali dengan menyentuh makanan siap makan, seperti buah dan sayuran mentah, dengan tangan kosong sebelum menyajikannya.

Baca Juga: Norovirus Muncul di Indonesia, Serang Organ Pencernaan

Namun, makanan apa pun yang disajikan mentah atau ditangani setelah dimasak dapat terkontaminasi oleh norovirus.

Komentar