alexametrics

Bukan Hanya Sangat Menular, Norovirus Juga Bisa Sebabkan Kematian

Bimo Aria Fundrika
Bukan Hanya Sangat Menular, Norovirus Juga Bisa Sebabkan Kematian
Wabah Norovirus tengah menyerang Kanada dan California. (Shutterstock)

Infeksi norovirus dapat menyebabkan muntah dan diare hebat secara tiba-tiba. Anda juga bisa terinfeksi melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Suara.com - Beberapa waktu belakangan ramai diberitakan tentang Norovirus yang ditemukan di China. Hal yang mungkin tidak banyak diketahui, Virus ini sangat menular dan biasanya menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi selama persiapan atau melalui permukaan yang terkontaminasi.

Dilansir dari Mayo Clinic, infeksi norovirus dapat menyebabkan muntah dan diare hebat secara tiba-tiba. Anda juga bisa terinfeksi melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Diare, sakit perut, dan muntah biasanya mulai 12 hingga 48 jam setelah terpapar.

Gejala Norovirus biasanya berlangsung satu sampai tiga hari, dan kebanyakan orang sembuh total tanpa pengobatan.

Baca Juga: Waspada! Wabah Diare Norovirus, Kenali Gejalanya

Mual jadi salah satu gejala radang kantong empedu. (Shutterstock)
Ilustrasi diare yang jadi gejala norovirus. (Shutterstock)

Namun, bagi sebagian orang - terutama bayi, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan penyakit yang mendasari - muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi parah dan memerlukan perhatian medis.

Bagi kebanyakan orang, infeksi norovirus biasanya hilang dalam beberapa hari dan tidak mengancam jiwa. Tetapi pada beberapa orang - terutama anak-anak, orang dewasa yang lebih tua dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah - infeksi norovirus dapat menyebabkan dehidrasi.

Infeksi Norovirus dapat menyebabkan dehidrasi parah, malnutrisi, dan bahkan kematian, terutama pada orang yang lebih tua atau gangguan kekebalan, atau pada perempuan yang sedang hamil.

Tentu semua itu bisa dicegah. Adapaun langkah pencegahannya antara lain ialah:

  • Cuci tangan Anda secara menyeluruh dengan sabun dan air, terutama setelah menggunakan toilet atau mengganti popok.
  • Hindari makanan dan air yang terkontaminasi, termasuk makanan yang mungkin telah disiapkan oleh orang yang sedang sakit.
  • Cuci buah dan sayuran sebelum makan.
  • Masak seafood sampai bersih.
  • Buang muntahan dan feses dengan hati-hati untuk menghindari penyebaran norovirus melalui udara. Rendam bahan dengan handuk sekali pakai, sesedikit mungkin ganggu, dan masukkan ke dalam kantong plastik sekali pakai.
  • Disinfeksi permukaan yang mungkin telah terkontaminasi. Gunakan larutan pemutih klorin dan kenakan sarung tangan.
  • Tetap di rumah dari pekerjaan, terutama jika pekerjaan Anda melibatkan penanganan makanan. Anda mungkin tertular selama tiga hari setelah gejala Anda berakhir. Anak-anak harus tinggal di rumah dari sekolah atau penitipan anak.
  • Hindari bepergian sampai tanda dan gejala Anda hilang.

Baca Juga: Waspada Warga Sumsel! Selain Covid 19, Norovirus juga Menyerang Organ Tubuh

Komentar