alexametrics

Mesti Tahu, Sederet Hal Positif yang Patut Disyukuri saat Pandemi Covid-19

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Mesti Tahu, Sederet Hal Positif yang Patut Disyukuri saat Pandemi Covid-19
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Spesialis Gizi dr Widjaja Lukito, SpGK, PhD, mengungkap salah satu yang patut disyukuri saat ini ialah berubahnya perilaku atau pola hidup masyarakat.

Suara.com - Pandemi Covid-19 membawa dampak tidak hanya pada sektor kesehatan, melainkan juga ekonomi dan sosial. Tapi, di balik semua hal itu ada hal positif yang sebetulnya juga bisa kita lihat. 

Spesialis Gizi dr Widjaja Lukito, SpGK, PhD, mengungkap salah satu yang patut disyukuri saat ini ialah berubahnya perilaku atau pola hidup masyarakat. Termasuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) meningkat tajam, padahal selama bertahun-tahun lamanya sebelum Covid-19 PHBS berusaha digaungkan.

"Yang penting perubahan perilaku gaya hidup, dari dulu PHBS betapa susahnya," ujar dr. Widjaya dalam diskusi Webinar Indofood, Rabu (21/10/2020).

PHBS meliputi kebiasaan mencuci tangan, berolahraga, dan makan-makanan seimbang. Untuk kategori cuci tangan, cukup meningkat pesat mengingat ini adalah salah satu protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga: Hamil Saat Pandemi Covid-19, Apa yang Harus Dilakukan Bumil?

Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

Meski diawali dengan keterpaksaan agar tidak tertular Covid-19, namun dokter lulusan Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) meyakini ini bisa meningkatkan pola hidup bersih masyarakat di masa yang akan datang.

Tidak hanya PHBS, hal positif lainnya karena orang lebih banyak berkegiatan di rumah. Dengan begitu tidak sedikit yang mengonsumsi makanan home cooking atau memasak makanan sendiri di rumah yang relatif lebih menyehatkan..

Selain itu dr. Widjaya juga menambahkan, bahwa saat ini masyarakat banyak beralih hobi dengan merawat tanaman dan melakukan hidroponik garden alias menanam sayuran dari rumah menggunakan metode hidroponik. 

"Kita lihat memang terjadi peningkatan produk yang terjual untuk makanan jadi buah segar dan sayur mayur, konsumsi ini ada tren yang bagus. Konsumsi buah dan sayur jadi meningkat, ke depan baseline survei PHBS, konsumsi sayur buah jadi tinggi," paparnya.

Ditambah hubungan antar keluarga juga cenderung terjalin, karena aktivitas banyak dilakukan bersama saat semuanya berada di rumah.

Baca Juga: CEK FAKTA: Bioskop Dibuka, Pengunjung Harus Keluar Tiap 30 Menit, Benarkah?

Komentar