Kena Macet Saat Mau Liburan, Waspada Muncul Holiday Stress!

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Kena Macet Saat Mau Liburan, Waspada Muncul Holiday Stress!
Ilustrasi stres saat liburan. (Shutterstock)

Niat awal berlibur ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Tapi apa daya, keadaan tidak ideal bisa membuat Anda malah tambah stres loh.

Suara.com - Niat awal berlibur ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Tapi apa daya, keadaan tidak ideal bisa membuat Anda malah tambah stres loh.

Diungkapkan Psikolog Keluarga Rosalina Verauli, ada beberapa alasan mengapa liburan bisa membuat orang malah menjadi stres, di antaranya adalah liburan yang terlalu memaksakan.

"Hati-hati liburan juga bisa memicu stres atau stress during holiday. Jadi kalau liburan, berliburlah jangan sampai memaksakan diri, dan persiapkan biasa saja. Apalagi liburan yang persiapannya bikin kita kelelahan, berhati-hatilah," ujar Vera saat dihubungi suara.com, Senin (26/1/2020).

Stress during holiday adalah perasaan stres atau tertekan saat berlibur.

Baca Juga: Memeluk Sapi Jadi Tren Gaya Hidup Terbaru, Ampuh untuk Hilangkan Stres

Alih-alih merasa lepas dari penat, liburan malah pusing dengan berbagai pikiran yang berkecamuk, karena baju yang harus dipakai, harus mencuci setelah berlibur dan sebagainya.

Liburan yang terlalu memaksakan diri misalnya uang liburan dari berhutang, ditambah membawa anak yang banyak sehingga terlampau stres dengan persiapan yang harus dilakukan.

"Makanya liburan itu bukan yang persiapannya harus panjang jauh-jauh hari, bikin kita jadi tertekan ngurusin perintilannya. Sampai bingung mikirin kegiatan yang mau dilakukan, sampai nggak punya uang maksain ada uangnya, nggak perlu yang begitu," tegas Vera.

Perempuan lulusan S2 Psikologi Universitas Indonesia itu juga mengingatkan, tidak perlu harus mencari lokasi yang jauh dan rumit untuk didatangi.

Harus tempat yang spesial, sehingga saat memilih hotel atau lokasi wisata jadi stres sendiri.

Baca Juga: Tips Psikolog Untuk Atasi Anak Bosan di Rumah

"Nggak perlu jauh-jauh, yang penting kegiatannya bukanlah kegiatan rutin atau kegiatan yang lain dari biasanya, itu akan lebih menyenangkan," tutupnya.

Komentar