alexametrics

Waspada Gejala Diabetes pada Anak, Apa Saja?

Vania Rossa
Waspada Gejala Diabetes pada Anak, Apa Saja?
Ilustrasi diabetes pada anak. (Shutterstock)

Diabetes juga bisa dialami oleh anak-anak. Siapa saja yang bisa terkena, dan bagaimana gejalanya?

Suara.com - Anak yang gemuk memang terlihat lucu dan menggemaskan. Apalagi sebagian orangtua di Indonesia memang kerap bangga bila memiliki anak dengan tubuh gemuk dan berisi. Eits, tapi tunggu dulu. Ada sejumlah bahaya kesehatan di balik kelucuan anak yang gemuk dan memiliki berat badan berlebih, salah satunya adalah diabetes.

Ironisnya, tingkat obesitas di Indonesia tidak juga menurun. Menurut data dari WHO 2013, persentase obesitas anak di Indonesia adalah yang tertinggi di ASEAN. Dengan tingginya angka obesitas, persentase penyakit diabetes pada anak pun turut meningkat.

Nah, sebelum diabetes menyerang anak Anda, ini tips dari The Asiant Parent mengenai hal-hal yang harus Anda ketahui seputar penyebab dan gejala diabetes pada anak.

Penyebab Diabetes Pada Anak
Berbicara soal obesitas pada anak, dr. Dante S.Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD menyebutkan bahwa anak yang sudah obesitas dari kecil bisa berpotensi diabetes sewaktu dewasa.

Baca Juga: Cocok untuk Penderita Diabetes, Ini 4 Rekomendasi Buah Rendah Gula

"Anak obesitas yang sudah gemuk dari kecil bisa kena diabetes. Ini karena si anak membentuk sel lemak yang besar. Saat dewasa nanti pun, anak akan cenderung memiliki badan besar,” papar dr. Dante S.Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD.

Beberapa penyebab diabetes pada anak, di antaranya:

1. Suka Makan Makanan Tinggi Gula
Penyebab utama yang mungkin menyebabkan berlebihnya berat badan pada anak adalah kebiasaan makan tinggi gula. Karena makanan dengan kandungan seperti ini biasanya memiliki rasa manis yang amat disukai oleh anak-anak. Tapi sayangnya, makanan tinggi gula bisa memicu obesitas pada anak, terutama jika dikonsumsi berlebihan.

2. Memiliki Keluarga atau Orangtua dengan Riwayat Diabetes
Selain dari faktor pola makan, ada juga faktor genetik yang memengaruhi anak bisa terjangkit penyakit diabetes. Dokter Dante menjelaskan bahwa orangtua yang sudah memiliki riwayat diabetes dapat menurun ke anak.

"Kalau bapak dan ibunya diabetes, anaknya rentan mengidap penyakit gula, karena genetik. Anak yang jarang gerak, makan banyak, bisa diabetes,” pungkas dia.

Baca Juga: Penanganan Diabetes Alami Hambatan Selama Pandemi Covid-19

Jenis Penyakit Diabetes Pada Anak
Diabetes (diabetes melitus) sendiri adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal.

Glukosa memang penting sebagai sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh. Akan tetapi, jika jika dikonsumsi secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan, yang memicu penyakit diabetes.

Komentar