alexametrics

Cara Aman Rawat Pasien Covid-19 di Rumah, Ikuti 6 Langkah ini!

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Cara Aman Rawat Pasien Covid-19 di Rumah, Ikuti 6 Langkah ini!
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika merawat pasien virus corona Covid-19 di rumah.

Suara.com - Saat mengetahui ada orang di rumah yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19 pasti akan membuat stres dan khawatir.

Kita sebagai orang yang sehat pastinya akan membantu merawatnya di rumah. Tapi, kita juga perlu melindungi diri dan menjaga kesehatan karena ada kemungkinan kita sendiri sudah terpapar virus corona.

Karena itu, seseorang perlu mengambil tindakan pencegahan yang tepat pasca didiagnosis virus corona Covid-19 untuk mengurangi risiko infeksinya.

Menurut pedoman ahli kesehatan dilansir dari Times of India, orang yang tidak dalam jarak dekat atau serumah dengan pasien virus corona memiliki risiko tertular 50 persen.

Baca Juga: Penting! Jangan Langsung Menyetir Usai Terima Vaksin Corona

Risiko paparan dan infeksi juga bisa diwaspadai, tergantung pada jenis akomodasi dan fasilitas tempat tinggalnya.

Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

Penularan virus corona melalui udara dan kemampuan infeksi virus bertahan hidup di permukaan rumah untuk waktu yang lama juga bisa meningkatkan risiko penularan.

Jadi, ada langkah-langkah yang perlu Anda lakukan ketika tinggal satu rumah dengan orang yang terpapar virus corona Covid-19.

1. Batasi kontak Anda di dalam rumah

Saat Anda tidak satu rumah dengan orang yang terinfeksi virus corona, Anda harus menghindari interaksi dengan orang lain di luar. Selain itu, Anda sendiri juga perlu membatasi kontak Anda dengan orang yang terinfeksi.

Baca Juga: Mana yang Lebih Berisiko, Makan di Restoran atau Pergi ke Mall saat Pandemi

Sediakan ruangan terpisah bagi orang yang sakit. Pastikan Anda tidak berbagai fasilitas apapun dengan orang tersebut sampai dinyatakan bebas dari virus.

Komentar