alexametrics

Agar Tetap Sehat, Ini Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil

Bimo Aria Fundrika
Agar Tetap Sehat, Ini Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil
Ilustrasi ibu hamil. (sumber: visualphotos)

Berdasarkan penelitian, olahraga tidak meningkatkan risiko Anda mengalami keguguran, bayi prematur atau bayi yang lahir dengan berat badan rendah.

Suara.com - Kehamilan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap perempuan. Namun, proses mengandung selama 9 bulan terkadang membuat perempuan hamil enggan untuk melakukan berbagai aktivitas. Padahal banyak kegiatan yang dapat dilakukan.

Selain itu, melakukan berbagai aktivitas sangat baik bagi kesehatan diri dan kandungan. Berbagai kegiatan dan olahraga rupanya juga diperbolehkan untuk dilakukan bagi perempuan hamil. Namun, sebelumnya usahakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, untuk mengetahui kegiatan apa saja yang boleh dilakukan.

Berdasarkan penelitian,  olahraga tidak meningkatkan risiko Anda mengalami keguguran, bayi prematur (lahir sebelum 37 minggu kehamilan) atau bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah (kurang dari 5 pon, 8 ons). Jadi melakukan berbagai kegiatan tidak berbahaya kepada kehamilan.

Berikut beberapa alasan melakukan berbagai aktivitas baik bagi kesehatan:

Baca Juga: Yuk Bantu Ibu Hamil Terhindar dari Covid-19, Begini Lho Caranya!

Ilustrasi perempuan hamil [shutterstock]
Ilustrasi perempuan hamil [shutterstock]
  1. Melakukan aktivitas akan menjaga kesehatan pikiran dan tubuh. Melakukan aktivitas fisik akan membuat tubuh merasa baik serta energi yang lebih. Hal itu juga sangat baik untuk jantung, paru-paru, dan pembuliuh darah sehingga kondisi perempuan hamil tetap fit.
  2. Saat hamil, menambah berat bada sangat baik untuk kandungan. Untuk itu, melakukan aktivitas dapat membantu menambah berat badan saat hamil.
  3. Meringankan beberapa ketidaknyamanan yang umum selama kehamilan, seperti sembelit, sakit punggung, dan bengkak di tungkai, pergelangan kaki, dan kaki.
  4. Membantu mengelola stres dan tidur lebih nyenyak. Saat hamil, biasanya perempuan memiliki kekhawatiran, rasa tegang dan tekanan yang cukup besar sehingga membuatnya stres. Dengan melakukan berbagai aktivitas akan membantu menghilangkan pikiran-pikiran yang membuat stres.
  5. Membantu mengurangi risiko komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional dan preeklamsia. Diabetes gestasional adalah salah satu jenis diabetes yang bisa terjadi selama kehamilan. Penyakit ini merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak gula (disebut glukosa) di dalam darah.
  6. Melakukan banyak kegiatan akan mengurangi risiko melahirkan dengan operasi sesar. Hal ini karena melakukan kegiatan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks saat melahirkan.

Berbagai manfaat di atas akan dapat tercapai jika seorang perempuan hamil rajin melakukan berbagai aktivitas. Di bawah ini terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan perempuan hamil.

1. Berjalan

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Berjalan akan sangan bagus untuk membuat persendirian dan otot menjadi lebih rileks. Hal ini akan mempermudah proses kelahiran. Selain itu, berjalan dapat dilakukan kapan dan di mana saja, baik di jalan raya, atau hanya sekitar rumah.

2. Berenang

Berenang akan membuat air menopang berat bayi di dalam perut. Dengan berenang akan membantu menjaga detak jantung. Selain itu, berenang juga baik untuk persendian dan otot pada tubuh.

Baca Juga: Nathalie Tunjukkan Dua Garis Merah di Testpack, Anak-anak Sule Takut Prank

3. Olahraga sepeda statis

Komentar