alexametrics

Tak Cuma Kesehatan Mata, Wortel Juga Baik bagi Kesuburan Pria

Yasinta Rahmawati
Tak Cuma Kesehatan Mata, Wortel Juga Baik bagi Kesuburan Pria
Ilustrasi wortel. (Shutterstock)

Antioksidan dalam buah dan sayur efektif untuk meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan pria.

Suara.com - Kesuburan pria dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tentunya, pola makan menjadi salah satunya.Sebab pola makan tertentu mungkin memiliki efek perlindungan pada air mani dan dapat membantu meningkatkan kualitasnya, sehingga baik untuk kesehatan dan kesuburan pria.

Di antara banyak sayuran sehat, wortel dikenal dapat meningkatkan kesuburan pria. Sayuran berwarna oranye ini dikemas dengan nutrisi penting seperti karotenoid, serat makanan, vitamin, mineral hingga antioksidan.

Melansir Boldsky, sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 30-80 persen subfertilitas pria disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif pada sperma. Kondisi ini terjadi pada satu dari 20 pria.

Perlu dicatat, sperma sangat sensitif terhadap kerusakan oksidatif karena tidak mengandung sistem perbaikan sel seperti sel lain. Inilah sebabnya mengapa kerusakan sel akibat radikal bebas dikaitkan dengan air mani yang buruk dan penurunan tingkat pembuahan dan kehamilan.

Baca Juga: 8 Manfaat Tomat, Bisa Anda Nikmati Lewat Semangkuk Sup Tomat Hangat

Antioksidan dalam buah dan sayur efektif untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma dengan cara membasmi radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif.

Jus wortel. (Pixabay/Couleur)
Jus wortel. (Pixabay/Couleur)

Antioksidan akan mengikat radikal bebas dan melindungi jaringan testis serta protein dan DNA sel sperma. Sebuah studi acak telah menunjukkan bahwa ketika pria subfertil diobati dengan suplementasi antioksidan, angka kelahiran hidup dan kehamilan klinis dapat meningkat.

Wortel menjadi salah satu makanan pembangkit tenaga antioksidan dan vitamin serta mineral penting lainnya. Wortel mengandung vitamin C dan beta-karoten, dua antioksidan utama yang berperan penting dalam memastikan kualitas air mani.

Antioksidan membantu mengurangi kerusakan oksidatif, peradangan kronis dan kerusakan DNA, sehingga meningkatkan kualitas dan fungsi air mani. Wortel juga membantu mencegah ejakulasi dini karena adanya karotenoid dan flavonoid yang membantu memperkuat otot-otot organ pria.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan pria karena kaya nutrisi yang baik untuk kualitas air mani dan sperma.

Baca Juga: Manfaat Kesehatan Sup Tomat, Salah Satunya Tingkatkan Kesuburan Pria

Namun demikian, mengonsumsi wortel bukanlah faktor tunggal untuk kualitas kesuburan pria. Studi lain juga menyebutkan bahwa asam folat, vitamin D, dan asam lemak omega-3 bertanggung jawab atas peningkatan kesuburan pria.

Komentar